Senin, 22 Agustus 2011

5 Alasan Kenapa Real Madrid Bisa Menyalip Barcelona Musim Ini




FC BARCELONA INDONESIA - FC Barcelonahttp://indonesiacules.blogspot.com/, tak diragukan lagi telah mendominasi tanah Eropa dan dunia dalam beberapa tahun terakhir. Mengoleksi tiga gelar La Liga secara berturut-turut, dan dua kemenangan di Liga Champion dalam tiga tahun terakhir menegaskan cerahnya halaman sejarah mereka.

Rasanya, Pep Guardiola dan anak asuhnya masih terus haus gelar dan ingin sekali lagi dan sekali lagi menunjukkan pada dunia pencapaian terbaik yang bisa dilakukan sebuah tim sepak bola, tetapi rival abadi mereka Real Madrid tidak mau begitu saja duduk dan menonton. Barcelona akan selalu dihantui Madrid.

Posisi José Mourinho dan Real Madrid sangat jelas berada di nomor dua sekarang, setidaknya sampai mereka bisa mengalahkan Barcelona di La Liga dan di Liga Champions. Menjadi yang kedua bagi Madrid tentunya adalah suatu hal yang sangat tidak mengenakkan, terutama ketika nomor satunya adalah Barcelona.

Manajemen Real Madrid sadar betul para fans Madrid akan lebih percaya diri jika timnya mampu melengserkan El Barca dari singgasananya sekarang ini. Artikel berikut ini akan membahas 5 asalan kenapa Real Madrid bisa mengalahkan Barcelona musim ini.


1
Satu hal yang tak bisa disangkal oleh Barcelona adalah bahwa satu tim tak bisa berada di atas untuk selamanya. Kejayaan pasti akan berakhir, kerajaan pasti akan runtuh suatu hari, hal yang sama juga pasti berlaku untuka. Barcelona.

Barcelona punya tiga tahun masa emas bersama dengan Pep, mungkin sejarah terbaik yang pernah dimiliki Barcelona, tapi suatu saat, entah kapan, atau bisa jadi musim ini, masa-masa itu akan bisa berakhir.

Usia pemain dan berkurangnya motivasi akan menjadi masalah utama Pep Guardiola, sementara tim lainnya makin haus akan gelar. Mari kita lihat data pertandingan El Clasico. Kendati hanya menang satu kali dari 11 pertemuan terakhir, Madrid terus menunjukkan peningkatan permainan menghadapi Barcelona. Ingat, hingga 170 menit 2 pertandingan Piala Super Spanyol, Madrid berhasil mengungguli Barca. Itu pun masih ada nilai tambah lain berupa shot on goal yang gagal menjadi gol ke gawang Valdes.


17 Agustus: Barcelona 3-2 Real Madrid
14 Agustus: Real Madrid 2-2 Barcelona
3 Mei 2011: Barcelona 1-1 Real Madrid
23 April 2011: Real Madrid 0-2 Barcelona
21 April 2011: Real Madrid 1-0 Barcelona
17 April 2011: Real Madrid 1-1 Barcelona
29 Nov 2010 : Barcelona 5-0 Real Madrid
10 Apr 2010 : Real Madrid 0-2 Barcelona
29 Nov 2009 : Barcelona 1-0 Real Madrid
02 Mei 2009 : Real Madrid 2-6 Barcelona
13 Des 2008 : Barcelona 2-0 Real Madrid


2
Satu-satunya tim yang paling haus akan kemenangan terhadap Barca saat ini adalah Madrid. Dengan pelatih sekelas Jose Mourinho dan pemain-pemain muda yang punya stamina kuat, Madrid sangat mungkin bisa menyalip Barca musim ini.

Faktanya adalah Madrid punya Gonzalo Higuain, Benzema, Ozil dan Ronaldo. Nama terakhir menjadi jaminan dengan torehan 25-40 gol dalam satu musim. Madrid punya dua pilihan pemain berkualitas di tiap posisi, dan pemain-pemain inti mereka sangatlah muda, bahkan Ronaldo baru berumur 26 tahun.

Kiper mereka, Iker Casillas juga makin tenang dan makin tangguh hari demi hari. Jika pemain-pemain Madrid mampu mengatasi kelelahan fisik untuk terus menekan Barca sepanjang 90 menit, tak akan sulit rasanya mengalahkan Xavi Cs. Perlu diingat pertemuan dua kali Barcelona dan Real Madrid di La Liga sering kali menjadi penentu siapa yang bakal duduk di singgasana La Liga. Maka, jika saja Barcelona lengah sedikit saja, siap-siaplah untuk dipecundangi Madrid.


3
José Mourinho adalah pelatih yang sukses di manapun dia berada. Sebutlah FC Porto, Chelsea dan Inter Milan. Di tiga tim ini dia setidaknya selalu membawa kemenangan pada liga domestik. Hanya Chelsea yang tak diberi gelar Liga Champion oleh Mourinho. Jose, tak diragukan lagi, adalah pelatih berpengalaman dengan segudang prestasi.

Satu musim di Madrid tampaknya cukup bagi Mourinho untuk beradaptasi. Diawali dengan Copa Del Rey musim lalu, dan sangat mungkin diakhiri dengan treble di musim ini. Di Inter, dia bisa mengangkat performa Milito Cs menjadi yang terbaik di kancah Eropa. Kenapa tidak di Madrid dengan taburan pemain bintang?

4
Para pemain Spanyol di Barcelona sudah merasakan banyak gelar di level dunia, Piala Eropa, Piala Dunia, 2 kali Liga Champion, sedangkan Messi 99 persen akan menjadi pemain terbaik dunia untuk ketiga kalinya berturut-turut. Jika para pemain Barcelona dikatakan masih haus gelar dengan prestasi tertinggi itu, maka terlebih para pemain Madrid akan sangat-sangat haus gelar.

Dengan investasi 500 juta euro, Madrid tak akan pernah merasa cukup hanya dengan Copa Del Rey. Mereka ingin selalu menjadi yang terbaik. Mourinho tidak akan tinggal diam untuk tetap menjadi nomor dua di musim keduanya menangani Real.


5
Real Madrid bersama Mourinho tampaknya mulai memecahkan kode-kode di balik permainan tiki-taka Barcelona. Kuncinya adalah pressing ketat, sangat ketat pada trio Xavi, Iniesta dan Busquet. Pertandingan terakhir El Clasico menunjukkan bagaimana Pique menjadi tak percaya diri dan sering salah umpan ketika trio gelandang itu tak berfungsi dengan baik, begitupun Iniesta juga sering kehilangan bola. Dengan kecepatan pemain-pemain Madrid dan umpan-umpan presisi tinggi ala Ozil, kehilangan bola di lini tengah atau di pertahanan Barcelona akan berbuah malapetaka bagi Viktor Valdes. (cls)


sumber: Artikel oleh Manuel Traquete @Manueltraquete dan pengamatan/pendapat pribadi


Artikel Lainnya:

2 komentar:

  1. Hahah kok gambarnya jd cw? Utk lbh menarik visitor yah =P. Keep up the good work :) visca barca!

    BalasHapus
  2. iya gan, survei membuktikan demikian, makanya ane pasang gambar cewek. Biar agak seger juga blog ane. :) Makasih gan, sering-sering kunjung ya.

    BalasHapus