Sabtu, 27 Agustus 2011

Super Eropa Barcelona Vs Porto: Messi Cs Habisi Jawara UEFA

FC BARCELONA INDONESIA - Ok gan, ini pendapat ane soal pertandingan barusan tadi. Artikel ini opini pribadi, jadi nggak ane kasih sumbernya dari mana.

Bacelona akhirnya menegaskan dirinya sebagai Raja Eropa setelah mengalahkan FC Porto dalam pertandingan Piala Super Spanyol yang berlangsung di di Stade Louis II Monaco, Jumat (26/8/2011).


Untuk ketiga kalinya, dalam jangka waktu tidak lebih dari 3 minggu, Fabregas mengangkat trofi bersama Barcelona, satu hal yang selama enam tahun tidak bisa dilakukannya. Fabregas juga bermain spesial hari ini setelah mencetak gol kedua Barca, melalui umpan jenius Leo Messi. Fabregas tampak sungguh-sungguh senang dengan gol ini, dia merayakan golnya bersama Messi seolah belum pernah cetak gol selama setahun! Selamat FAB!

Jalannya pertandingan tadi menurut saya sebenarnya tak terlalu greget.  Kendati banyak menguasai bola, Barca tak bisa terasa nyaman bermain. Maksudnya, tidak berada di level permainan sesungguhnya. Ambilah contoh, permainan Barca ketika melawan Napoli. Kala itu, Barca maennya kayak terbang, pada punya sayap.

Terus kenapa kali ini maennya agak nggak terlalu bagus? Kalau menurut saya

1. Xavi dan Iniesta agak kurang konsentrasi. Iniesta kendati bermain cemerlang, beberapa kali kehilangan bola, begitupun dengan Xavi.
2. Keita memang tak sebagus Busquet soal keharmonisan bermain dengan Xavi dan Iniesta.
3. Villa makin menurun penampilannya. Kecepatannya berkurang.
4. Mungkin lapangannya yang kurang bagus
5. Mungkin kecapekan para punggawa Barca, habis ngrayain Messi dapat pemain terbaik Eropa (analisis spekulasi)
6. Ada yang mau kasih pendapat lain .... komentar ya ... :)


Dan ya, kali ini Barca terbantu dengan eksposivitas Messi yang mencetak satu gol (karena kesalahan bek lawan), dan satu assist di menit akhir.

Messi menaklukkan kiper Helton pada menit ke-39. Beberapa menit sebelumnya dia ganti sepatu.

Gol Messi datang tiba-tiba, bermula dari kecerobohan Fredy Guarin yang melakukan back-pass pada Rolando. Eh, Rolando-nya diam aja, bola malah mengarah ke Messi. Si anak ajaib kemudian menggoyang kakinya dengan sangat cepat untuk mengelabui kiper.

Porto tak parah-parah juga dalam bermain, justru bermain efektif dan lugas. Mereka menciptakan banyak perangkap off side. Sampai sebelum Villa diganti, ada 6 offside dari Barcelona.

Pada 10 menit pertama, Porto melepaskan dua tembakan. Guarin dan Moutinho yang jadi algojo. Tembakan Guardin meleset, sementara eksekusi Moutinho dibelokkan oleh Victor Valdes.

Saat-saat yang paling ditunggu-tunggu Cules sedunia adalah masuknya Sanchez dan Fabregas. Sanchez membuat satu shot on gol ke tiang jauh. Kerjasamanya satu dua dengan Iniesta cukup menarik perhatian. Kecepatannya memang di atas rata-rata, tapi Sanchez memang masih kurang beruntung. Butuh jam terbang lagi mungkin pemain asal Chile ini. Ok, biar Om Pep yang memikirkan. Keep calm and trust Pep.

Sementara, Fabregas berhasil memanfaatkan moment dengan baik. Dia berlari dari belakang ketika Messi siap mengoper bola. Dan, satu kontrol, shot! Jedarrrr! Emosi Fabregas meledak! Ini gol keduanya dalam waktu kurang dari 90 menit membela Barcelona di tiga pertandingan terakhir. AWESOME FAB!




Berikut ini ceplas-ceplos saya dari menit ke menit

Menit 5, Barca belum terlalu menguasai situasi. Waduh, bagaimana ini lin tengahnya ya. Eh, Valdes terpaksa buang bola. Porto menekan, satu shot dari pemain Porto nomor 8. Wah, sepak pojok. Bahaya mengancam Barca. Ok, berhasil dihalau.

O, menit 9. Barca coba masuk, uff, Messi hilang bola di depan.

Pedro, satu peluang. Jiah, Kenapa nggak diumpan ke Messi Dro!!!

Menit 11, Waduh. Hulk shot. Jedar!!! Untung masih melenceng. Kedodoran nih belakang.

Gantian, Messi satu dua Pedro di. Wah, masih ada bek di belakang. Sepak pojok oleh Bang Xavi.

Messi, messi, Xavi, Messi, Villa, oh off side.

Pelanggaran oleh Macherano pada Hulk, menit 13. Angka sial nih. Moga-moga tembakan bebasnya melenceng ke Bernabeu.

Sapa ni yang ngambil? oh, ok gagal. Syukurlah, masih kacamata skornya.

Wuih, Iniesta memang ajaib. Jiah, Messi lebih ajaib lagi kocekannya. Messi, Alves, Keita, Iniesta, Ok, dah mulai dapat nih ritmenya. Alves cross, oh masih bisa dihalau.

Menit 17, Barca belum menunjukkan tanda-tanda bermain dengan nyaman. Akankah Super Fab dimaksukkan?

Pep: Sabar, bentar lagi

Iniesta dilanggar menit 20 detik 10. Gagal, Porto bawa bola. Keita lakukan pelanggaran. Coutinho jatuh. Kasihan.

Kayaknya Om Pep agak kurang ngasih garam nih, kurang greget masakannya. Tapi let see.

Sepak pojok menit 22 untuk Porto. Barca tertekan. Ohhh, Valdes tinju bola. Lemparan ke dalam untuk Porto. Lagi, sepak pojok lagi. Sudah yang keberapa ya ini sepak pojok untuk Porto. Messi sementara nganggur di depan, belum dapat pasokan.

Uffff, lagi-lagi terancam. Bola melayang di depan mulut gawang. Untung gak ada yng bisa pangkas.

Menit 25, ini nomor 10 badannya gede juga ya kayak Hulk. Untung Alves bisa jagain.

Ok, mulai susun serangann. Xavi, Villa. Aduh off side lagi.

Memang kuakui, Porto badannya gede-gede. Ngeri ehhh.

Waduh, bang Xavi dilanggar. ok, Messi pakai sepatu ijo. UWih...... kocekan maut. umpan Villa. WTF!!! lebih dulu kiper.

Menit 29, Xavi tendangan bebas, atau Messi yang ambil. Oh, Messi ganti sepatu. Xavi yang ambil.

Iniesta to Messi, oh offside. Close control-nya keren euyyyy. Ampir aja lu Porto.

Masih 0-0, Pep kayak penasaran. Ada apa ini?

Ayo coba lagi, Ok, sipp. Umpan ke Alves. Messi ke Alves. Wah, terlalu jauh, masih Villa. Pedro, msih. Umpan ke dalam untuk Barca. Ayo serang lagi.

Alves mulai maju-maju ke depan, awas inget belakang Ves.

Messi ampe bantu-bantu di tengah buat bantu atur serangan.

Pelanggaran, menit 34, Villa mengerang. Jiah, Villa offside lagi. Great pass Messi!

Xavi shot!!!!! wah, masih 15 centi di atas mistar. Terusin bang. Coba lagi.

Kayaknya serangan-serangan Barca dah bisa ditebak Porto ya, ajib juga nih Porto.

Ok, serang lagi. Villa, yah, gagal umpan!

Messi gol!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Ok, sudah 1-0. semoga mainnya makin nyaman. Hulk tendangan bebas, ok, bisa dihalalu. menit 40.

Wuih, tiki-taka mode on. Di Barca, kiper pun harus bisa tiki-taka. Ajib

Menit 41, Messi gak lolos kali ini di sisi kanan. Yah, Villa, ayo-ayo, Villa keburu jatuh. Udah berapa kali jatuh ya Villa.

Messi lagi di tengah, dewa memang nih anak. Sepak pojok untuk Barca. Mesi ambil ke Iniesta, langsung shot, bisa diblok.

Detik-detik akhir babak pertama. Wah, hampir blunder Abidal.

Pritttt. Babak pertama selesai. Overall, Barca bermain tidak di levelnya. Untung ada Messi


Babak Kedua

Iniesta menit 47, oh, umpan tipuannya ketahuan. Messi di kanan. Bukan pelanggaran, waduh bahaya. Alves di depan. Turunnn.

Yup, Ada Adriano yang jaga bola.

Menit 48, Iniesta dilanggar. Messi kehilangan bola. Wah, Iniesta kehilangan bola. Eh, kartu kuning.

Shotttt!!! Porto! masih melenceng.

Villa dapat bola, nggak ada orang, Yah, wasit keburu tiup peluit. Bola untung itu, wah.

Menit 53, Barca offside. Gila 6 kali Barca offside berbanding 0 Porto. Kayaknya memang sudah nyiapkan strategi ini.

shoot!!!!!!! Porto!. Kena tangan kena mistar!! Gila. insane! Good Valdes! jempol lima. (y)

Villa bawa bola, Iniesta ke Keita, ke Messi. Msih Messi ke Iniesta, Villa, jiah tiang dekat!!! Telat Villa!!!

Menit 57, Porto dapat bola. eh, udah Barca lagi yang dapat. Messi. Ini Villa coba coba. Mesi coba shot!! oh, masih bisa diblok.

Wah, Hulk mengancam di kotak penalti. Untung bolanya bisa dicuri.

Xavi kehilangan bola. Alves blunder, waduh. Di kotak penalti. Upss, hampir saja.

seSepak pojok. Pedro. Messi, solo. Ke Pedro, lolos!

WALAH PEDRO NGGAK DIOPER! sudah dua kali. Vila menurun memang penampilannya.

HOreeeee, Alexis maennn!!!


Sergio masuk, Adriano keluar menit 62. satu kesempatan pergantian tersisa. Siapa nanti yang bakal masuk.

Sanchez di sisi kiri, ohhh, udah dilanggar aja.

Jiah, Xavi agak kurang konsen nih. Sip Sanchez berhasil curi bola.

Fabregas pemanasan. Ayo masuk Fab. Pep kasih masuk Fab dong Pep.

Messi dilanggar, kartu kuning tuh, jelas-jelas megangin baju. Rolando kalau pengin Jersey Barca jangan narik2 punya Messi.

Sanchez di kiri, sepatunya ijo cendol kayak punya Messi.

Messi golll!!! sayang offside, tapi kayaknya nggak offside loh itu.

Ok, pelanggaran terhadap Alexis. Kartu kuning bahkan kayaknya. Xavi ambil. Sanchez ayo tunyukkan kemampuanmu.

Varela masuk, gantikan Rodriquez, menit 68. Fabregas kapan masuk ya.

Menit 70, Fabregas masih aja pemanasan di pinggir. Alexis masih berlari-lari tanpa bola, masih belum nemuin soul-nya.

Ok, ini kesempatan Sanchez. Di kotak nih. Ok. Sip, satu dua ma Iniesta, Pedro dari belakang, tusukkkk. Jiah, kurang satu senti.

ok, Sanchez dah mulai pd kayaknya nih. Sip dah.

Wah, hampir aja blunder Macherano. Untung ada Kang Abi.

Corner untuk FC Porto.

Umpan ke dalam untuk Barca. Sip di kiri, kesempatan lagi buat Sanchez. Fabregas masih nunggu buat dipasang.

Keita balik di kiri, Busquet jdai bek tengah bareng Macherano. Sanchez!!!! Sip! Tiang jauh. Bagus untuk pemula!!

Menit 77, Fabregas belum juga masuk.

Menit 79, Pedro keluar, Fabregas masuk.

Iniesta bawa bola di kiri, lepas. Fabregas bantu, out.

Fabregas dilangar, wah, parah nggak nih. Kartu kuning buat Guarin. Cukup keras pelanggarannya, tapi gak segila Marcelo dan Pepe.

Iniesta bawa bola kayak dipegang pakai tangan aja bolanya. gila.

Alves peluang, sayang terlalu jauh umpan silangnya. Iniesta kehilangan bola. Bentrok fisik di pinggir lapangan, iniessta jatuh. Moga nggak cedera parah.

Menit 84, Abidal buang bola ke sisi kiri Valdes.

Ok, ,messi sendiri. Solo, pelanggaran buat Messi, kartu kuning. Kartu merah!!!!

Rolando ke laut aja.

Wah, bahaya nih justru di menit-menit akhir gini. Gol!!!!!!!!!!! Fabregas. INSANE! GILAAAAAA!!!! PERFECT DAH!!!!!!!!

Kurang Sanchez nih. Mana Sancez aksi ente. Ditunggu-tunggu nih.

Guarin kartu merah! Sudah dua kartu merah ini! Emang terpaksa harus maen kasar apa ya kalau lawan Barca.

Satu peluang. Hampir aja Iniesta. Menit 92. Yup, detik-detik terhakhir. Wah, Sanchez butuh waktu lebih banyak nih supaya bisa unjuk gigi.

Full Time: Barcelona 2-0 FC Porto.

Barca maennya memang kurang terlalu greget, tapi nggak papa yang penting Menang, dan Fabregas kasih gol!



Susunan pemain

Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Javier Mascherano, Eric Abidal, Adriano; Xavi Andres Iniesta Seydou Keita; Pedro (Cesc Fabregas 79), Lionel Messi, David Villa (Alexis Sanchez 60)
Cadangan: Olazabel Oier, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Andreu Fontas, Jonathan Dos Santos

Porto: Da Silva Arruda Helton; Cristian Sapunaru, Jorge Pires da Fonseca Rolando, Nicolás Otamendi, Jorge Ciro Perdomo Fucile; Josef Dias Souza (Francisco Reges Fernando 77); Fredy Guarin, Joao Moutinho; Givaldinho Hulk, Pinheiro Kleber (Fernando Belluschi 77), Cristian Rodriguez (Silvestre Varela 60)
Cadangan: Rafael Bracali, Roque Maicon, Fernando Daniel Belluschi, Silvestre Manuel Goncalves Varela, Campos Braume Manuel Abel Djalma, Francisco Reges Fernando, Steven Defour

Wasit: Bjorn Kuipers

3 komentar:

  1. sip banget gan live reviewnya
    tetap semangat gann

    BalasHapus
  2. Mantap gan....
    Hidup barca... :D

    BalasHapus
  3. makasih agan-agan yang berkenan berkunjung ke mari. jangan lupa CONTROL+D ya gan. :D

    BalasHapus