Jumat, 26 Agustus 2011

Preview Barcelona Vs Porto: Percayakan pada Pep


FC BARCELONA INDONESIA - Baik Cules, sekarang ngobrol-ngobrol sedikit soal pertandingan nanti padi dini hari. Yang niat nonton jangan sampai ketiduran. Tulisan berikut ini semoga menambah info agan-agan tentang info pertandingan. Ane nggak copas dari berita mana-mana. Ane susun dari berbagai sumber.


Dua raja sepak bola biru Eropa akan bertemu untuk menentukan siapa yang terbaik di antara mereka. Stadion Monumental Stade Louis II, Monaco, akan menjadi saksi pertarungan raksasa dua raja ini, Sabtu (27/8) dini hari pukul 03.45 WIB.

Pemegan tahta Liga Champions Barcelona akan ditantang Raja Liga Europa, FC Porto. Keduanya akan bertarung memperebutkan gelar siapa yang terbaik di Eropa.

Liga Eropa memang satu kasta lebih rendah dibandingkan Liga Champion, tapi itu tak berarti pemenang kejuaraan ini bisa dianggap remeh. Sebaliknya, juara-juara Liga Eropa bahkan sering mempecundangi jawara Champion. Lihatlah bagaimana Atletico Madrid bisa mempermalukan Inter Milan 2-0 tahun lalu, atau tahun-tahun sebelumnya ketika Manchester United harus kalah dari Zenit St. Petersburg 1-2.

Baik FC Porto maupun Barcelona, menjadi raja di masing-masing negaranya musim lalu. Hanya saja, kedua tim memang sudah sedikit banyak berubah. Striker Falcao dan pelatih Andre Villa Boas sudah pergi. Sebaliknya, Barca justru punya kekuatan baru pascahadirnya Fabregas dan Sanchez.

FC Porto
Perginya Falcao dan Andre Villa Boas tidak serta merta membuat Porto menjadi lemah. André Villas-Boas digantikan oleh asistennya dulu, Vitor Pereira.  Sementara posisi Falcao digantikan oleh Kleber, pemain Brazil yang sangat bertalenta. Masih ada juga nama-nama seperti James Rodriguez dan Juan Itrube, kedua pemain ini punya masa depan yang menjanjikan dengan bakat besar yang mereka miliki saat ini.

FC Porto masih juga mendatangkan Mangala dan Defour dengan harga relatif murah untuk menjaga tim tetap kompetitif.

Porto telah memulai musim ini dengan kemenangan. Mereka memenangkan Piala Super Portugal dan dua pertandingan pertama di liga. Hulk mencetak tiga gol dan tiga assist di tiga pertandingan!

Saat ini, tak diragukan lagi, Hulk adalah bintang di FC Porto. Dia bisa dikatakan sebagai pemain kelas dunia. Statistik musim terakhirnya, 36 gol dan 21 assist!

"Barcelona terlihat selalu berbahaya tapi bukan berarti tak terkalahkan. Saya empat tahun di Porto tahu betul mental pemain. Kami akan bermain selayaknya menghadapi rival terberat tanpa harus khawatir dengan nama besar Barcelona," kata gelandang Porto, Costinha seperti diberitakan di fcporto.pt.

Orang boleh beranggapan bahwa liga Portugal adalah liga kelas dua atau bahkan kelas tiga, tapi meragukan kemampuan Hulk adalah suatu kesalahan besar.

Kemampuan Hulk sebenarnya sedikit di atas Falcao, pihak klub pun pasti akan memasang harga lebih tinggi jika Hulk harus pergi.

Pada pertandingan Jumat nanti, Hulk akan menjadi ancaman terbesar Barcelona. kekuatannya, kekuatannya ditunjang badannya yang besar, kemampuan pergerakannya, dan kekuatan ledakannya bisa menjadi mimpi buruk bagi Viktor Valdes dan punggawa Blaugrana yang lain. Jika dia menguasai bola di kotak penalti, siap-siap saja jantung fan Barca berdebar-debar.

Porto juga bukan hanya Hulk. Mereka punya pemain berkualitas lainnya. Di sektor sayap, mereka punya Alvaro Pereira dan Fucile yang termasuk di tim utama Timnas Uruguay yang memenangkan Copa Amerika. Pemain lain, Rolando dan Otamendi adalah pemain yang punya jam terbang di timnas Portugal and Argentina.


FC Barcelona
Hadirnya Sanchez dan Fabregas membuat suasana ruang ganti pemain makin hidup, makin segar dan makin kompetitif.

Menghadapi pertandingan ini, seperti biasa, Barcelona justru merendah. Kayaknya ini memang filosofinya Barcelona gan :). "Dalam sepekan terakhir saya menjalani masa yang fantastis dalam hidup. Semua orang percaya padaku. tapi saya masih butuh adaptasi dan berharap kami bisa tampail baik melawan Porto, ini perebutan trofi penting dan pastinya tidak mudah," kata Fabregas dilansir Sport.es.

Blaugrana mungkin akan kehilangan Carles Puyol dan Gerard Pique yang cedera karena cedera hamstring. Cepat sembuh ya Om Puyol dan Pique.

Alhasil, central bek mungkin akan dihuni Eric Abidal dan Macherano. Dua-duanya sebenarnya bukan asli central bek. Macherano gelandang bertahan dan Abidan bek kiri, tapi percayalah pada Om Pep. Apa yang sudah ditentukannya sudah dipertimbangkan masak-masak ampe matang. (cls)


Pelatih Barcelona Guardiola berkata:
"Memenangkan trofi kedua dalam satu musim adalah sesuatu yang bagus, tapi kami harus selalu menang di setiap pertandingan. Kami tidak hanya harus bermain bagus tapi juga membutuhkan support dari para fans. Porto lawan yang cukup rumit, mereka adalah tim terbaik Liga Europa dan mencatata kemenangan fenomenal di kompetisi Lokal Portugal. Kami menaruh respek kepada mereka atas apa yang telah mereka capai.
Dilansir dari ESPN







Pelatih FC Porto Vitor Pereira berkata:
"Kami menyadari sulitnya menghadapi Barcelona. Ini akan menjadi pertandingan yang berat karena kedua tim jelas sadar satu sama lain. Berbeda tapi sama-sama ingin mendapatkan piala dari pertnadingan prestisius ini. Kami percaya pada detail persiapan. Dan itulah kunci sebuah kemenangan. Konsistensi juga menjadi hal yang paling penting dalam setiap pertandingan. Penguasan bola menjadi ciri khas, dan kelebihan Barca. Tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kami bisa menguasai permainan dengan sangat baik"

Dilansir fcporto.pt






Match Background
  • Barcelona telah 8 kali mentas di ajang perebutan Piala Super Spanyol
  • Perolehan Trofi Barcelona masih kalah dibanding C Milan yang hanya mentas 7 kali namun telah mengangkat trofi Super Eropa sebanyak lima kali, sementara Barcelona hanya tiga kali pada 1992, 1997, dan 2009.
  • Rekor Barcelona kalah pada 1979, 1982, 1989, dan 2006.
  • Juara UEFA Europa League FC Porto melakukan 4 kali penampilan di ajang perebutan trofi Super Eropa. Mereka berlaga di Super Eropa pada 1987, 2003, dan 2004. Kekalahan terakhir di tangan Valencia pada 2004.
  • Ini akan menjadi pertemuan kedelapan kedua klub di kompetisi UEFA dan yang pertama kali terjadi di tempat netral. Barcelona telah memenangkan empat dan Porto tiga dari tujuh laga.
  • Pertemuan pertama keduanya di babak pertama Piala UEFA 1973/73. Porto mencatata kemenangan 3-1 di kandang dan pada laga away kalah 1-0.
  • Petemuan berikutnya di putara keuda Piala Eropa 1985/86, Barcelona menang 2-0 di Camp Nou dan maju ke babak berikutnya karena unggul gol tandang meski kalah 3-1 di Portugal.
  • Guardiola terlibat dalam tim Barca pada pertemuan terakhir di Piala UEFA 1999/2000 saat keduanya bertemu di putaran kedua LIga Champions. Barcelona menang 4-2 di kandang dan 2-0 awah. Guardiola dan Puyol memulai pertandingan sebagai starter sementara Xavi sebagai pengganti pada paruh waktu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar