Senin, 29 Agustus 2011

Preview Barcelona Vs Villarreal: Intimidasi Camp Nou!

FC BARCELONA INDONESIA - Pertandingan La Liga pekan pertama ini akan mempertemukan "Blaugrana" dan "Kapal Selam Kuning". Ini akan menjadi pertandingan perdana FC Barcelona di musim ini. Sudah pasti pertandingan ini ditunggu-tunggu oleh cules di seantero jagad. Kisruh La Liga terakait tak dibayarnya gaji ratusan pemain akhirnya selesai dan semua bisa bernafas lega.


Ok, mari kita bahas soal pertandingan nanti. Saya menawarkan suatu bacaan alternatif yang, entah lebih baik atau justru lebih buruk, pasti akan berbeda dengan preview-preview di web berita lain. Kenapa beda? Ya karena saya ketik sendiri berdasarkan pengamatan yang kadang ngawur dan spekulatif.

Pertama kita akan berbicara soal Xavi Hernandez. Gelandang terbaik di dunia ini sudah mencatat rekor bersama Barcelona. Rekornya adalah pemain Barcelona yang mengoleksi trofi terbanyak, 18 trofi, mengelahkan legenda Camp Nou Guillermo Amor, yang meraih 17 trofi. Trofi ke-18 Xavi adalah ketika FC Barcelona mengalahkan FC Porto 2-0 pada Piala Super Eropa pekan lalu. "Melewati Guillermo Amor adalah kehormatan tertinggi," kata Xavi seperti dikutip Situs FC Barcelona.

Kalau mau disebut satu per satu, Xavi telah meraih 6 kali trofi La Liga, 5 kali trofi Piala Super Spanyol, 3 kali trofi Piala Champions, 2 kali Piala Super Eropa, 1 Piala Spanyol, dan 1 Piala Dunia Antar Klub.

Dan, Xavi setidaknya masih bisa bermain bagi Barcelona selama 2-3 tahun lagi, sebelum akhirnya benar-benar gantung sepatu. Xavi yang terus dididik La Masia untuk terus haus gelar, tentu tak begitu saja merasa puas dengan apa yang sudah dia capai ini. Tambah lagi ... tambah lagi .... Bersama Messi dan Iniesta, trofi-trofi berikutnya sangat mungkin diraih.

Nah, pertandingan perdana FC Barcelona musim ini akan menjadi lembaran baru bagi Xavi. Di usianya yang semakin menua, Xavi tentunya tetap ingin menunjukkan dirinya menjadi pilihan utama Pep Guardiola. Fabregas adalah sahabat dekatnya, tapi tentunya ia tak ingin membiarkan Fabregas dengan mudah menggantikannya sebagai starter. Dia ingin memberikan tantangan kepada Fabregas, satu hal yang tidak didapat oleh Fabregas di Arsenal.

Mbulet-mbulet ya nomongnya? He, maksudnya gini. Intinya, sebelum Fabregas nanti benar-benar menjadi penerus jendral di lini tengah, Xavi ingin supaya Fabregas dapat benar-benar terdorong untuk menunjukkan kemampuan maksimalnya. Xavi pun merasakan tekanan yang sama kala harus bersaing dengan Deco dan Ronaldiho beberapa tahun lalu. Persaingan yang ketat membuatnya terdorong untuk mengeluarkan kemampuan maksimal. Nah, saat ini kondisi itu ingin ia ciptakan bagi teman dekatnya Fabregas.

Kembali ke ulasan pertandingan FC Barcelona Vs Villareal. Pertarungan antara "Biru Merah" dan "Si Kuning" ini akan terjadi di stadion dengan kapasitas penonton terbanyak di Eropa, Camp Nou. Inilah stadion yang selalum membuat tim tamu merasa terintimidasi, apalagi ketika puluhan ribu cules sudah menyanyikan himne Barcelona ... Tot el clam (plok plok plok) ... es un clam (plok plok plok) ........tenin un nom el sap tothom: Barca .. Barca ... Barrrrrrrrrrrrrrrrrrrca.

Tentunya saya dan cules berharap pertandingan tandang ini akan membuat punggawa Catalan dapat bermain maksimal dan enjoy, satu hal yang agak terasa hilang di pertandingan terakhir melawan FC Porto di Piala Super Eropa.

FC Barcelona harus menang di pertandingan kali ini. Aneh rasanya mengawali La Liga dengan kekalahan apalagi di kandang sendiri. Saya pribadi berharap, Barca dapat bermain indah dan efektif seperti kala meremukkan Napoli 5-0 di ajang Joan Gamper. Seandainya bisa menang 2-0 di babak pertama, Pep Guardiola tak akan berpikir dua kali untuk merotasi pemain di awal-awal babak kedua. Dengan demikian, Fabregas, Sanchez dan Thiago Alcantara punya kesempatan menit bermain lebih banyak. Catatan khusus untuk Sanchez, hingga saat ini, pemain Chile ini belum menunjukkan sesuatu yang cukup untuk diingat para fans Barcelona. Gerakannya memang eksplosif, tapi jika belum membuat gol ataupun setidaknya assist, namanya tak akan pernah terpampang di headline koran manapun.

Kabar buruk bagi Barcelona adalah cederanya Pique dan Puyol. Posisi penting ini bakal kembali diisi oleh dua bek sentral comotan, yaitu bek sayap Eric Abidal dan gelandang Macherano. Kendati sudah sering bermain di posisi dadakan, keduanya tampak kurang padu, terutama ketika harus menghalau bola-bola atas. Soal bola atas, Pique memang tiada duanya.

Messi mencoba menetralkan situasi dengan mendukung kedua pemain itu. "Abidal dan Mascherano adalah dua bek sentral paling tangguh di dunia. Dan, mereka sepertinya tak terlalu harus menguras tenaga karena faktanya kami lebih banyak menyerang melawan tim manapun," kata "Si Kutu" yang barus saja digelari Pemain Terbaik Eropa.

Messi akan kembali pemain yang paling diwaspadai tim lawan kali ini. Pada pertemuan terakhir, dua gol darinya mengantarkan Barcelona menenggelamkan "Kapal Selam Kuning" Villareal ke dasar laut dengan skor 3-1.

Kabar baik bagi Barca adalah bahwa Villareal kehilangan playmaker andalah Santi Cazorla yang hijrah ke Malaga. Pun demikian, barisan penyerang Villareal ini yang suka membuat jantung cules berdetak lebih cepat. Ada penyerang dari Italia Giuseppe Rossi yang punya kecepatan. Rossi tipe oportunis juga. Jadi satu peluang bisa jadi satu gol. Eh, Villarreal masih punya Nilmar, yang belum jadi dijual ke Roma.

Sanchez
Seperti yang sudah saya katakan di atas, Sanchez belum terlalu padu bersama Barcelona. Pemain Chile ini harus belajar banyak dari Pedro, pemain yang punya posisi yang sama dengannya. Pedro adalah tipe pemain yang rajin naik turun.

Pedro paham dengan strategi Barcelona memainkan "pola bujur sangkar". Apa itu pola bujur sangkar? Istilah ini saya ciptakan sendiri untuk menunjuk pada pergerakan lini tengah Barcelona. Ketika seorang pemain membawa bola, tiga pemain lainnya mendekati dan bersama-sama membentuk pola bujur sangkar. Jika dalam kondisi prima, bahkan alien-pun mungkin tak dapat merebut bola dari empat pemain Barca yang memainkan bola dalam pola ini. Sering pola ini berubah menjadi segitiga seperti pergerakan yang sering terlihat antara Iniesta - Busquet - Xavi.

Nah, Sanchez harus belajar banyak dari Pedro soal pola bujur sangkar ini. Bermain satu dua dengan nyaman dan kemudian berlari tiba-tiba dan tak terduga ke depan. Ini membutuhkan komunikasi yang baik. Makanya, di luar lapangan Sanchez juga harus sering-sering ngobrol sama Iniesta dan Xavi. Dengan rendah hati minta petunjuk. Saya pribadi yakin, komunikasi di luar lapangan sangat berpengaruh pada komunikasi di lapangan. Bahasa memang menjadi kendala, tapi itu bukan berarti alasan untuk diam saja dan tak berbuat apa-apa.

Prediksi Skor

Barcelona jarang banget kalah di pertandingan kandang. Seri pun jarang, apalagi kalah. Barcelona selalu menang dalam 3 pertandingan terakhir melawan Villarreal. Barcelona terakhir kalah dari Villareal pada 9 Maret 2008 dalam partai awal. Ketiadaan Santi Cazorla membuat saya berani memprediksi skor 3-0 untuk kemenangan Barcelona.

Prediksi Formasi
Barcelona 4-3-3
Victor Valdes: Daniel Alves, Adriano, Javier Macherano, Eric Abidal
Xavi, Iniesta, Keita, Villa, Messi Pedro

Villarreal 4-4-2
Diego Rodriguez: Joan Oriol, Mateo, Christian Zapata, Cani
Javi, Marcos Senna, Borja, Valero, Bruno, Nilmar, Giuseppe Rossi




                                     Barcelona                       Villarreal
Recent form     W W W D W L W D D W     W L L W L W D D L L
Home form      W W W W W D W W                W D L W W L
Away form       D W D L D W                              W L L D D L
Home win                      84%                                      68%
Home draw                   11%                                      16%
Home lost                      5%                                        16%
Home goals                 2.42 per match             1.74 per match
Away win                       74%                                      26%
Away draw                     21%                                     26%
Away lost                        5%                                      47%
Away goals                2.58 per match             1.11 per match

Head to Head
2 April 2011                Villarreal     Barcelona     0-1
13 November 2010      Barcelona     Villarreal     3-1
1 Mei 2010                  Villarreal     Barcelona     1-4
2 Januari, 2010            Barcelona     Villarreal     1-1
10 Mei 2009                Barcelona     Villarreal     3-3
21 December 2008      Villarreal     Barcelona     1-2
9 Maret    2008            Barcelona     Villarreal     1-2
20 October 2007         Villarreal     Barcelona     3-1
22 April 2007              Villarreal     Barcelona     2-0

Empat Pertandingan Terakhir
Barcelona
27/8/2011 Barcelona 2-0 FC Porto
23/8/2011 Barcelona 5-0 Napoli
18/8/2011 Barcelona 3-2 Real Madrid
15/8/2011 Real madrid 2-2 Barcelona

Villarreal
24/8/2011 Villarreal 3-0 OB
18/8/2011 OB 1-0 Villarreal
11/8/2011 Eiche 0-2 Villarreal
15/8/2011 Wigan 1-0 Villarreal

sumber tulisan: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar