Kamis, 25 Agustus 2011

Siapa yang Terbaik di Antara 3 Orang Ini?

PENGUMUMAN anugrah pemain terbaik Eropa tahun ini tinggal beberapa jam lagi. Jika diandaikan seremonial akan berlangsung malam hari pukul 19.00 Waktu Monaco, maka sekitar pukul 24.00 WIB seremoni akan berlangsung. (Monaco GMT+2).


Sebagai seorang cules, saya tentu akan mendukung antara Xavi ataupun Messi. Dengan tidak merendahkan kehebatan Ronado, Xavi dan Messi rasanya mempunyai kehebatan yang sepadan. Dua-duanya jago di lapangan. Xavi seorang pengatur simfoni sedangkan Messi adalah seorang eksekutor. Siapa yang lebih penting, eksekutor atau pengatur? Jawaban akan berbeda-beda tergantung latar belakang orang.

Seorang arsitek misalnya, yang mengagungkan suatu bangunan yang terkonsep dengan baik, indah, tertata, punya visi, mungkin akan memilih Xavi sebagai yang terbaik. Atau juga seorang yang bertipikal konseptor, mungkin akan lebih memilih Xavi, yang dikenal pandai mengorganizir dan punya jiwa kepemimpinan lebih dibandingkan rekan-rekannya.

Lain lagi bagi seorang yang hobi berburu. Mungkin akan memilih Messi sebagai pemain terbaik. Seorang pemburu adalah seorang yang haus akan ketegangan, kecepatan, dan dituntut untuk punya keberanian. Messi jelas mewakili nilai-nilai di atas, berani, cepat dan hebatnya tetap tangguh kendati badannya relatif kecil.

Ya, tapi penjurian bukan dilakukan oleh arsitek maupun seorang pemburu. Yang akan menilai adalah sebuah panelis yang terdiri dari 53 orang jurnalis olahraga yang mewakili masing-masing asosiasi anggota UEFA.

Tahun lalu penghargaan ini diterima oleh penyerang Inter Milan Diego Milito, yang mengantarakan timnya menjadi juara Liga Champions.


Berikut statistik yang dilansir situs resmi UEFA mengenai performa tiga pemain tersebut selama setahun terakhir ini:

Klik NEXT untuk lihat statistik ketiganya :)

(Klik tanda panah untuk melihat sambungan artikel)

1 dari 2







Tidak ada komentar:

Posting Komentar