Kamis, 29 September 2011

BATE vs BARCELONA: Messi 2 Gol, Barcelona Cukur BATE 5-0

Ekspresi Messi setelah mencetak gol ke gawang BATE
CULES BARCA - Barcelona menunjukkan dirinya masih harus disegani di seantero Eropa setelah mencukur BATE Borisov lima gol tanpa balas dalam partai kedua penyisihan Group H Liga Champions 2011/2012. Laga yang dilangsungkan di Stadion Dinamo Misk Belarusia ini berlangsung dalam suasana hujan.

Pertandingan tampak berjalan satu arah dan sangat timpang. Barca mencetak gol melalui Messi (2 gol), satu gol bunuh diri, dan satu gol masing-masing dari Pedro dan Villa. Anak-anak asuh Guardiola membuat 23 shot, 12 di antaranya mengarah ke gawang, sementara tuan rumah hanya mampu membuat lima shot, itu pun tak ada yang pernah mengarah tepat ke gawang Valdes.  Penguasaan bola Barcelona-Borisov adalah 67 berbanding 33 persen.

Barcelona membuka pundi golnya justru dari kaki lawan. Bek Aliaksandr Valadzko salah mengantisipasi umpan silang Dani Alves pada menit ke-19. Dibayang-bayangi Lionel Messi, Valadzko tampak gugup dan justru memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Pedro membuat gol kedua menerima umpan silang matang dari David Villa pada menit ke-22. Aleksandr Gutor telat menjemput bola dan justru membiarkan gawangnya kebobolan dengan mudah.

Bukan Messi kalau tak bisa membuat gol. Pada menit ke-38, si Bocah Ajaib mencatatkan namanya sendiri setelah kiper Aleksandr Gutor tak sigap menguasai bola. Kulit bundar yang sudah ditangkapnya justru dipantulkan ke bawah. Situasi mungkin akan berbeda jika melawan tim lain, tapi ketika berada di dekat seorang Messi, jangan pernah bermain-main dengan bola. Benar saja, sebelum bola pantulan kembali ke tangan kiper, Messi secepat kilat menyudul bola masuk ke gawang. 3-0 untuk Barca.

Barcelona menguasai bola sebanyak 74 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 14 usaha di babak pertama, sementara jawara Belarusia hanya mampu membuat satu shot yang tak mengarah sasaran.

Babak kedua sedikit berjalan lebih baik bagi BATE Borisov, kendati tetap tak bisa membuat gawang mereka kebobolan lagi. Tapi setidaknya, BATE menunjukkan bahwa mereka bisa menyerang. BATE mulai bermain "nothing to lose", toh mereka sudah kebobolan tiga gol. Hasilnya, cukup positif. Mereka membuat empat tembakan, lebih baik dari babak pertama yang hanya satu tembakan.

Sayang, lawan mereka kali ini adalah sebuah tim super. BATE tetap tak kuasa menahan pergerakan Messi dan Villa yang mencetak dua gol berurutan bagi Barca di babak kedua.

Messi menerima umpang matang Dani Alves pada menit ke-56 di kotak penalti. Seperti sudah diduga, tanpa ampun Leo menghujamkan bola ke sisi kiri gawang Gutor.

David Villa melengkapi pesta lima gol Barca pada menit ke-90. Villa memanfaatkan posisi yang bagus di kotak penalti kemudian berlari dan melepastkan tendangan kaki kanan melewati kedua kaki Aleksandr Gutor. 5-0 untuk tim tamu.

Kendatipun menang besar, Barca harus puas tetap duduk di peringkat kedua klasemen Group H Liga Champions karena AC Milan berhasil unggul 2-0 atas Viktoria Plezen. UEFA menggunakan aturan head-to-head untuk menentukan posisi teratas ketika dua tim mempunyai nilai sama. Pada matchday pertama, Barca berhasil ditahan di seri kandang sendiri oleh AC Milan dengan skor 2-2. (culesbarca.com)

Klasemen Group H Liga Champions 2011


           Klub                       Main    Point

  1. AC Milan                   2    4
  2. FC Barcelona             2    4
  3. FC BATE Borisov      2    1
  4. FC Viktoria Plzeň      2    1



Susunan pemain
Borisov: Aleksandr Gutor; Marko Simic, Yegor Filipenko, Maksim Bordachev, Aliaksandr Valadzko; Filipp Rudik (Kiryll Aleksiyan 60), Edgar Olekhnovich, Renan Bressan (Vadim Kurlovich 82), Artem Kontsevoy; Mateja Kezman (Maksim Skavysh 57), Dzmitry Baha

Barcelona: Victor Valdés; Javier Mascherano, Carles Puyol, Eric Abidal (Adriano 61), Dani Alves; Thiago, Seydou Keita, Xavi (Cesc Fabregas 59); David Villa, Lionel Messi, Pedro (Maxwell 69)

Wasit: Manuel Grafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar