Jumat, 23 September 2011

Cepat Sembuh, Tetap Semangat Ibi (Afellay)!

Ibrahim Afellay terjatuh saat laga Barca kontra Osasuna


CULES BARCA - Cedera demi cedera benar-benar menghantui Ibrahim Afellay. Pemain Belanda dengan nama panggilan Ibi ini dikabarkan harus istirahat selama enam bulan setelah mengalami cedera cukup parah pada latihan Kamis tengah pekan ini.

Padahal, belum genap dua minggu dia sembuh dari cedera. Kini dia harus kembali berkutat dengan penyembuhan kakinya. Melihat sepak terjangnya bersama Barca sejak awal tahun ini, sulit untuk tidak mengatakan bahwa Afellay kurang beruntung di Barca.

Pria kelahiran 2 April 1986 ini entah bagaimana belum bisa menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Barca. Satu kontribusinya untuk Barca yang akan terus dikenang mungkin adalah assistnya kepada Messi saat Barca bertandang ke Bernabeu pada semifinal Liga Champions tahun lalu.

Umpannya kala itu - setelah lepas dari kawalan Marcelo - membuat Messi bisa mencetak gol pembuka kemenangan Barca atas rival abadi Madrid. Tak berapa lama setelah gol pertama, Messi kemudian mencetak gol spektakuler yang diawali dengan solo run dari tengah lapangan.

Kembali ke Afellay. Pemain yang dikenal taat berpuasa di Bulan Ramadan ini dikontrak Barca pada Desember 2010. Permainan cemerlangnya bersama PSV Eindhoven membuat manajemen Barca terkesima. Terlebih, Afellay pernah dianugerahi "Best Young Player in The Netherlands" di 2007. Di sisi lain, Ibi juga menyatakan bermain di Camp Nou adalah impiannya. Dia pemain muda bertalenta yang banyak diincar klub-klub besar dunia, tak ada alasan lain untuk tidak mengontraknya kala itu.

Afellay membuat debut untuk Blaugrana pada 5 Januari 2011 di ajang Copa del Rey melawan Athletic Bilbao. Dia masuk menggantikan David Villa pada injury time. Selanjutnya, Afellay bermain sebagai starter untuk kali pertama pada 19 Januari 2011 kontra Real Betis pada leg kedua Copa del Rey yang berakhir dengan kekalahan 3–1, tetapi Barca tetap unggul agregat 6–3. Dia mencetak gol pertamanya kala Barca melawan UD Almería di Copa del Rey.

Debut Afellay untuk Barca di Liga Champions adalah pada leg kedua melawan Arsenal. Selanjutnya, Afellay berperan besar saat Barca mengalahkan Madrid di Bernabeu ketika masuk pada menit ke-71. Satu menit setelah masuk lapangan, Afellay memberikan assist untuk Messi yang mengantarkan Barca menang 2-0 atas Madrid.

Dia mencetak gol pertama pada Liga Spanyol kala Barca kontra Malaga yang berkesudahan kemenangan 3–1 di akhir musim 2010–11. Ibi, nama panggilannya, juga menjadi pemain pengganti saat Barca bersua Manchester United di Final Liga Champions musim lalu.

Sangat disayangkan pemain yang besar bersama PSV Eindhoven ini justru kurang bergaung setelah bergabung bersama klub impiannya, Barca. Afellay, yang bisa bermain di posisi gelandang maupun sayap, kurang bisa bersaing dengan pemain-pemain macam Pedro, Villa dan Bojan. Pep beberapa kali memberikan kesempatan padanya, tapi sang pemain belum juga menunjukkan performa terbaiknya sejak direkrut akhir tahun 2010 lalu.

Bersama PSV Eindhoven, penampilan Afellay lebih baik dibandingkan saat berkostum Blaugrana. Dia total membuat 217 penampilan dan 38 gol baik di tim yunior dan tim senior. Musim terbaiknya adalah pada 2008/2009 dengan total 13 gol dari 28 penampilannya bersama PSV.

Sementara, sejak datang ke Camp Nou, Afellay mencatat 29 penampilan dan hanya menyumbang dua gol untuk Barca.

Karir Afellay di Barca diperparah dengan cedera yang terus menghantuinya akhir-akhir ini. Cedera kali ini adalah yang kedua setelah cedera paha saat pra musim lalu. Sempat bermain menggantikan Xavi kala Barcelona melumat Osasuna 8-0, Afellay kembali harus cedera, bahkan lebih parah. Hari ini, Jumat (23/9/2011), Afellay direncanakan menjalani operasi lutut.

Los Blaugrana belum berani memberi konfirmasi durasi absennya Afellay. Namun, sebagian pihak meyakini Afellay bakal absen selama setengah tahun mengingat dia harus menjalani operasi pada bagian lutut.

“Ibrahim Afellay mengalami cedera putus ligamen anterior cruciate di kaki kirinya saat mengikuti sesi latihan pada Kamis sore. Pemain bernomor punggung 20 itu akan menjalani operasi besok (Jumat, 23/9),” demikian pernyataan Barca di fcbarcelona.com.

Saya tidak sedang memvonis bahwa karir Afellay akan suram bersama Barca. Justru sebaliknya, Ibi masih punya keterikatan kontrak dengan Barca hingga 2015. Jalan panjang masih terbentang di hadapannya. Banyak pemain yang berhasil mencapai top performance setelah mengalami cedera panjang. Pengalaman menyakitkan dengan lututnya ini semoga memberi banyak hikmah baginya dan justru mengobarkan kembali motivasinya setelah sembuh nanti. Cepat sembuh, tetap semangat Ibi! (culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar