Jumat, 30 September 2011

Guardiola: Barça Harus Terus Merasa Lapar

Pelatih Barcelona Pep Guardiola

CULES BARCA - Entrenador Barcelona Pep Guardiola ingin anak asuhnya selalu haus akan gol dan selalu bergairah seperti yang mereka lakukan kala mencukur wakil Belarusia 5-0 tanpa balas di babak penyisihan grup Liga Champions 2011/2012.

Lionel Messi juga mencetak rekor dengan menjadi pencetak gol terbanyak Barca sepanjang masa setelah dua golnya ke gawang Bate. Kapten Timnas Argentina itu menyamai rekor Ladislau Kubala dengan 194 gol.

Guardiola berharap Messi Cs bisa menjaga agresifitas mereka. "(Saya berharap) mereka tidak kehilangan gairah dan semangat yang mereka tunjukkan pada Rabu lalu, (spirit) yang menjadi karakter dari tim ini, spirit yang telah saya saksikan selama bertahun-tahun," katanya.

"(semangat) itu tertanam. Sangat jelas bahwa mereka merasakan itu. Tidak masalah apakah mereka kalah atau menang, tetapi kami harus terus melakukan hal yang sama," ungkap Pep.

Guardiola juga berkomentar atas kemenangan timnya di Stadion Dinamo Belarusia. "Mereka menumpuk pemain di belakang, dan saya tidak mengharapkan itu. Kadang jika tidak ada gol cepat, kami akan mudah kehilangan kesabaran, tetapi kami mampu mengatasi ini dengan baik, dan ini memberikan kami ruang untuk mengembangkan permainan," bebernya.

“Tiak pernah mudah menyerang menghadapi 10 pemain di pertahanan lawan. Tim-tim itu (punya strategi) sama. Mereka bertahan dengan kuat dengan harapan kami kehilangan kesabaran. Sangat penting mengontrol (pergerakan) gelandang tengah (Mateja) Kezman, dan pemain kami bisa melakukan itu dengan baik" ucapnya.

Tentang Messi, Guardiola berharap bocah ajaib itu dapat memecahkan rekor Cesar Rodriguez dengan 235 gol. “Messi setara dengan legenda Barca lain, yang dengan caranya bermain, mengubah klub ini. Permainan Kubala dulu membuat Stadion Les Corts menjadi terasa sangat kecil," kata mantan pelatih Barca B itu.

“Satu-satunya halangan Messi tak bisa memecahkan rekor Cesar adalah jika dia pergi, tapi kami berharap dia tetap di sini untuk tahun-tahun mendatang. Umurnya 24 tahun, dia telah melakukan apa yang harus dia lakukan. Aku hanya bisa memberikan dia selamat," ungkapnya. (culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar