Jumat, 09 September 2011

Guardiola dan Ferguson, Siapa Yang Lebih Baik?

CULES BARCA - Biasanya orang membanding-mbandingkan Guardiola dengan Mourinho karena faktor sama-sama di Liga Spanyol, sama-sama relatif muda, dan sama-sama punya prestasi gemilang dalam jangka waktu yang relatif pendek.

Guardiola dan Ferguson
Kini, kita akan berbicara soal Guardiola dan Ferguson, siapa yang terbaik di antara kedua orang ini? Jawabannya tentu akan berbeda jika ditanyakan ke masing-masing pemain kedua belah pihak, atau ke masing-masing pendukung.


Baiklah, bagiamana soal Pep. Manusia plontos satu ini adalah generasi baru seorang pelatih sepakbola. Berangkat "hanya" dari Pelatih Barcelona B, Pep tiba-tiba menjelma menjadi pelatih (arguably) terbaik Barcelona sepanjang masa. Hanya dalam waktu tiga tahun, Pep telah memberikan 12 gelar juara untuk Blaugrana.

Sentuhan Guardiola membawa nama Barcelona menjadi yang teratas di tingkat Spanyol, Eropa, bahkan Dunia. Dan yang menakutkan adalah, Pep belum sampai di puncak dan otomatis belum akan turun. Masih banyak puncak-puncak lain yang sangat mungkin dia raih. Banyak orang yakin Los Azulgrana masih akan bertengger di level teratas setidaknya hingga Messi berumur 30 tahun ke atas, dah Ohhh, Messi kini masih berumur 24 tahun!

Bicara soal Ferguson. Opa satu ini sudah seperempat abad menukangi Manchester United. Berkak ketekunannya dan kegigihannya, MU menjadi klub terbesar di Inggris dan melahirkan banyak pemain bintang. Ferguson juga sangat pandai mendidik pemain muda. Sebutlah nama-nama seperti Ronaldo, Nani, Rooney, Chicharito, dan masih banyak lagi yang lain.

Fergie meraih total 37 gelar bersama MU. Usianya kini mendekati 70 tahun. Tiap tahun dia bilang akan pensiun, tapi tiap awal tahun pula tanda-tanda mau pensiun langsung hilang tanpa jejak. Ferguson selalu bergairah dengan pemain-pemain baru dan ingin melahirkan bintang darinya.

Jadi, mana yang lebih baik? Ferguson yang sejak 6 November 1986 menukangi MU dengan 37 gelar (25 tahun!), atau Guardiola, 3 tahun 12 gelar? Jawabannya saya kembalikan ke masing-masing pembaca, baik itu pendukung MU atau pendukung Barcelona.

Saya akan mengutip pendapat Xavi soal ini. Hitung-hitungan gelar memang Guardiola masih kalah, tapi Xavi bicara lain. Menurut dia yang terbaik di dunia tetaplah Pep (ya iyalah secara dia pelatihnya :D). "Menurut pendapatku dia (Guardiola) adalah pelatih terbaik di dunia. Tidak Ada sedikit keraguanku tentang itu. Dia sudah merevolusi sepakbola dan telah menambah segala sesuatu yang klub ini butuhkan," ujar pemain Spanyol ini kepada Sport.

"Tim ini bisa mendapai banyak hal di bawah Pep dan kami semua menerima keputusannya. Tidak ada yang menanyakan ketika dia mencadangkan (Sergio) Busquets di Piala Super Eropa. Kami semua punya momen di mana kami tidak bermain. Bahkan Messi sekalipun tidak bisa selalu bermain."

Saya pribadi, sebagai orang yang tidak dilatih oleh Ferguson maupun Guardiola ( :capedes ), maksudnya agak lebih netral, menurut saya kedua pelatih ini sama-sama bagus. Ferguson memberi teladan beberapa hal yang mulai hilang akhir-akhir ini; loyalitas, ketekunan, pengabdian, dan gairah. Sedang Guardiola menunjukkan kepada kita bagaimana filosofi itu tidak hanya di awang-awang tapi juga bekerja di lapangan.(culesbarca.com/sport)

Follow Twitter @Barca_Cules

Tidak ada komentar:

Posting Komentar