Jumat, 23 September 2011

Jelang Barcelona vs Atletico Madrid: Barca Kalah Dua Kali dari 5 Pertemuan

13167434651970348650
 
CULES BARCA - Siang pembaca setia culesbarca.com :D, kali ini tulisan datang lagi dari Trihito Eriwibowo. Selamat menikmati ulasannya. Visca Barca!



Pekan ke-5  La Liga Spanyol akan mempertemukan dua tim besar Liga BBVA, juara bertahan FC Barcelona, yang akan kedatangan salah satu rival yang di prediksi bisa merepotkan mereka, Atletico Madrid, di Stadion Camp Nou, Sabtu (24/9/2011), waktu setempat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa La Liga Spanyol memiliki tiga kasta. Kasta tertinggi ditempati oleh Barcelona, dan Real Madrid, sebagai kandidat terkuat untuk meraih gelar juara. Berikutnya, klub-klub yang diyakini bisa merusak persaingan abadi itu seperti Sevilla, Valencia, Villareal, Malaga, dan Atletico. Kasta terakhir milik klub-klub lain yang berstatus sebagai kuda hitam.

Kembali ke partai Barca melawan Atletico. Partai keempat  telah dijalani oleh kedua kubu. Posisi mereka berada di peringkat empat dan delapan. Namun, perbedaan peringkat itu hanya berselisih satu angka. Los Azulgrana, yang berada di peringkat ke-4, sudah mengoleksi delapan angka, dari dua kali menang, dan dua kali imbang. Sementara itu, Atletico berada di posisi ke-8 dengan tujuh angka, hasil dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Jika Atletico bisa memenangkan partai ini maka perolehan nilai mereka akan melampaui koleksi nilai Barca.

Catatan Pertemuan 
Pertemuan antara dua tim ini selalu menghasilkan banyak gol karena gaya permainan mereka yang sama-sama terbuka. Total 23 gol yang tercipta pada lima partai terakhir di antara keduanya bisa menggambarkan bagaimana dua tim ini bermain. Dari lima pertemuan terakhir itu, Barca sedikit lebih unggul dengan tiga kemenangan, berbanding dua milik Atletico. Permainan seperti itulah yang kini diharapkan oleh penggemar sepakbola.

Pada pertemuan terakhir di kandang Barca, pada kompetisi La Liga Musim lalu, tuan rumah dengan perkasa menekuk tamunya dengan skor 3-0, lewat hat-trick mega bintang Lionel Messi.

Partai terakhir dua tim ini di ajang La Liga terjadi pada tengah pekan kemarin, berakhir dengan hasil yang berbeda. Tim asuhan Entrenador Pep Guardiola hanya bermain imbang 2-2 melawan Valencia. Sedangkan Atletico berhasil menang telak 4-0 atas Sporting Gijon.

Skuad Berbeda
Perbedaan komposisi pemain dan perbedaan kekuatan kedua tim ini dibandingkan musim lalu membuat pertemuan mereka kali ini akan menjanjikan sesuatu yang menarik.

Barca, yang berhasil mendatangkan kembali Cesc Fabregas, terbukti menuai hasil yang baik. Peran Cesc, ketika duet Xaviesta tak bisa bermain menjadi sangat sentral.

Sayang rekrutan anyar mereka lainnya, Alexis Sanchez, tidak bisa bermain karena cedera. Selain Sanchez, Barca juga tidak akan diperkuat oleh Ibrahim Affelay, karena alasan yang sama. Begitu juga dengan bek tengah Gerrard Pique, yang kemungkinan besar belum bisa bermain pada partai ini.

Tim tamu kehilangan dua ujung tombak andalan, Kun Aguero, dan Diego Forlan. Tapi mereka punya pengganti yang sepada, Radamel Falcao. Yang tampil bagus pada awal musim ini. Penampilan cemerlang Falcao tidak lepas dari peran sentral Diego Ribas yang jadi pengatur serangan.

Dua pemain itu lah yang akan membuat Atletico harus diwaspadai sepenuh nya oleh rival-rival mereka karena pemain lain nya dengan mudah beradaptasi dengan gaya bermain pemain-pemain baru. Begitu juga dengan hengkang nya kiper utama mereka, David De Gea, yang mendapatkan ganti setimpal pada diri Thibaut Courtois, yang dipinjam dari Chelsea.

1316743520287174445
Skuad utama Barca musim ini makin berwarna dengan kedatangan Fabregas

Pep Guardiola pada partai ini akan kembali menurunkan formasi andalan nya 4-3-3. Kapten tim Carles Puyol dan Javier Mascherano, kemungkinan besar akan berada di jantung pertahanan. Mereka akan ditemani oleh Eric Abidal, dan Dani Alves, sebagai bek kiri, dan kanan.

Cesc akan menemani Xavi sebagai dinamo permainan di lini tengah. Sedangkan Sergio Busquet akan bermain sebagai gelandang jangkar. Trio David Villa, Lionel Messi, dan Pedro, menjadi trisula maut di lini depan.

Victor Valdes, akan menjadi benteng terakhir di bawah mistar gawang. Skuad Barca akan mencurahkan konsentrasi mereka pada partai ini sebelum mereka bermain di Liga Champions, pada tengah pekan. Hasil maksimal jelas menjadi target mereka.

1316743580563478405
Punggawa Atletico Madrid

Pelatih Atletico, Gregorio Manzano akan tetap memainkan pola 4-2-3-1. Falcao, akan menjadi ujung tombak tunggal. Elias, Diego, dan Jose Antonio Reyes, akan bermain di belakang Falcao, sebagai kreator serangan.

Dua gelandang jangkar akan ditempati oleh Thiago Mendes, dan Gabriel Fernandez. Thibaut Courtois, sebagai kiper akan didukung oleh duet bek tengah, yang akan ditempati oleh Diego Godin dan Luis Perea.

Filipe Karmiski akan mengisi pos bek kiri, dan Silvio Pereira di bek kanan. Anak asuh Manzano akan mencoba sekuat tenaga untuk meraih hasil positif pada lawatan berat mereka ini.

Partai ini akan berjalan dalam tempo sedang. Barca, yang memang memiliki penguasaan bola sangat baik, akan kembali mendominasi pada partai ini. Pelajaran bagus ketika gawang mereka dibobol pada menit awal ketika melawan Milan, akan membuat pasukan Barca berkonsentrasi penuh sejak menit awal, karena sang lawan memiliki penyerang dengan kecepatan dan tehknik tinggi.

Duet Xavi dan Cesc akan kembali menjadi sentral bagi permainan Barca. Cesc, dengan penempatan posisi nya yang bagus memudahkan pemain lain untuk mengirim umpan matang bagi dirinya, yang sejauh ini sudah mencetak 6 gol untuk Barca di semua kompetisi.

Messi, yang terus memperlihatkan permainan dahsyatnya, akan menjadi peneror serius bagi lini belakang Atletico. Kemampuan nya melepas umpan matang, sama berbahaya nya dengan kemampuan nya mencetak gol.

Poros, Reyes, Diego, dan Falcao, menjadi andalan bagi Atletico untuk menggedor barisan pertahanan tuan rumah. Kecepatan Reyes menyisir di kedua sisi lapangan, berpadu dengan tehnik tinggi Diego, dan naluri mencetak gol Falcao yang tinggi diyakini akan bisa memberikan kejutan bagi tuan rumah.

Selain Falcao, Atletico, masih memiliki satu penyerang tangguh dalam diri Adrian Lopez, yang bisa menjadi pilihan alternative strategi bila mereka mengalami kebuntuan.

Pertemuan antara Pep, dan pelath Atletico Madrid Manzano, akan menjadi pertemuan mereka yang kesekian kali. Mereka bahkan pernah berhadapan beberapa kali ketika Pep masih aktif bermain. Sedangkan ketika mereka berdua sudah menjadi pelatih, Manzano akan bersama klub ketiganya - setelah Mallorca dan Sevilla - untuk menghadapi pasukan Barca, di bawah asuhan Pep.

Pep, mesti pintar-pintar memutar otak untuk menyiasati jadwal padat anak asuh nya. Setelah partai ini mereka akan bermain tandang, ke Bate Borisov, pada hari Rabu (28/9/2011), di ajang penyisihan group H Liga Champions 2011/2012.

Kedalaman skuad yang dimiliki oleh Pep memang masih berada di atas skuad yang di miliki Manzano, tetapi tanpa diganggu oleh cedera, Manzano memiliki skuad yang cukup baik, terutama untuk starter mereka.

Partai melawan Atletico selalu menjadi partai yang sengit bagi Barca. Dua kekalahan pada 5 pertemuan terakhir si antara mereka jadi bukti bahwa Atletico akan memiliki potensi untuk memberikan kejutan pada partai ini.

Partai ini juga akan menjadi ajang adu ketajaman masing-masing striker. Messi, dan Falcao, sesama tombak latin, akan menjadi aktor nya. Koleksi 11 gol Messi bagi Barca pada awal musim, memang jauh lebiih banyak ketimbang enam milik Falcao, tetapi pemain asal Kolombia ini mencetak gol nya itu dalam pertandingan yang jauh lebih sedikit ketimbang Messi.

Dengan kematangan, dan faktor bermain di hadapan pendukung sendiri menjadikan Barca lebih diunggulkan untuk memenangkan partai ini.

Peluang 55:45 untuk kemenangan Barca. Selisih dua gol besar kemungkinan akan terjadi pada partai seru ini.
Selamat menikmati partai big match yang akan disiarkan secara langsung oleh TV ONE, pada hari Minggu (25/09), dini hari, mulai pukul 03:00 WIB.

berbagai sumber





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar