Selasa, 06 September 2011

Johan Cruyff Tuduh Manajemen Barca Berkhianat

Johan Cruyff, Legenda Barcelona

CULES BARCA - Berikut ini adalah terjemahan dari bagian pertama sesi "pertanyaan dan jawaban" bersama Johan Cruyff yang dimuat di El Periodico. Saya menerjemahkan dari versi bahasa Inggris yang dibuat oleh TotalBarca.com dan juga sedikit melihat versi aslinya bahasa Spanyol.



Tahun lalu, Anda mengembalikan lencana penghargaan dari Presiden [FC Barcelona]. Setelah itu, Anda mengadakan pertemuan dengan [Sandro] Rosell, mencoba untuk memperbaiki sesuatu, tetapi "jarak" itu tetap ada dan Anda belum kembali ke Camp Nou lagi.

Tidak, tidak. Saya belum pernah kembali ke Camp Nou. Ya, di level institusi, saya suka beberapa hal yang mereka lakukan. Saya tidak melihat suatu "jalan" dan ada hal-hal aneh di sana [yang terus terjadi]. Contohnya, tahun lalu mereka menjual [Dmytro] Chygrynskiy seharga 15 juta euro dengan alasan tidak bisa membayar gajinya, dan sekarang mereka menghabiskan 70 juta euro, untuk dua pembelian [Alexis Sanchez dan Cesc Fábregas]. Jika anda mengatakan tak punya uang, itu karena memang Anda benar-benar tak punya uang, dan Anda harus menerima itu, tetapi [semua] ini terlihat sangat tidak konsisten.

Tapi sekarang klub akan menghasilkan pemasukan dari kontrak dengan Qatar Foundation, kerjasama ini pastinya sudah disetujui terlebih dulu oleh sidang majelis.


Saya sudah pernah mengatakan bahwa saya tak suka dengan sponsor di kaus (tulisan sponsor di jersey Barcelona). Jika memang diperlukan, beberapa hal harus dilakukan, tetapi jika memang semendesak itu, kenapa mereka tidak melakukan itu tahun kemarin ketika, menurut mereka, situasi teramat buruk? Dapatkah mereka menyelamatkan klub dengan uang ini? Saya tidak paham maksud mereka. Kamu dapat menyelesaikan masalah hanya dengan sedikit berimajinasi, seperti memanfaatkan sebagian dari pertandingan Trofi Joan Gamper, karena Napoli datang ke mari tanpa keluar biaya. Mereka menanggung semua biayanya. Ini adalah satu tanda dari Barca sebagai "lebih dari sekedar klub". Mereka adalah orang-orang yang mempunyai keterkaitan emosi dengan klub. Mereka selalu berbicara tentang sentimen dan emosi, tetapi dengan keputusan-keputusan ini, mereka mengkhianati diri mereka sendiri.

Ada beberapa masalah di lembaga/foundation Anda?

Ya, klub melakukan ekspansi untuk mempromosikan citra solidaritas, sama seperti yang dilakukan Bill Gates dengan lembaganya, atau juga seperti Shakira. Tetapi di sini, di Catalunya, mereka tak melakukan apapun. Lembaga saya, yang melakukan banyak hal di Catalunya dan sekitarnya, belum dibayar. Saya melihat tidak ada konsistensi akan satu hal dan hal yang lain.

Fakta bahwa Anda belum dibayar tampaknya lebih terkait dengan klaim finansial yang pernah dilakukan klub dan terkait dengan fakta bahwa itu adalah kerjasama yang anda tandatangani di masa kepemimpinan Joan Laporta?

Tetapi [bagaimanapun] kontrak itu ada. Saya tetap melakukan hal-hal ini, seperti yang saya lakukan sebelum-sebelumnya, dan mengeluarkan uang dari saku [sendiri]. Saya membaca bahwa [Rosell] butuh membicarakan masalah ini dengan saya, tetapi itu belum dilakukannya. Mereka terus membuat pengecualian, tetapi tidak ada yang masuk akal. Jika mereka ingin membuat perbedaan, lakukanlah, katakanlah sesuatu. Kamu tak bisa terus menerus menerus berbohong pada anak-anak cacat ini. Tindakan bantuan [terhadap anak-anak cacat] merupakan bagian yang harus dilakukan dari sebuah klub seperti Barca. Anda harus menetapkan suatu keteladanan dan keteladanan itu bukan seperti selalu menangis karena merasa kurang ini atau itu, dan mengkritik orang-orang yang sudah pernah ada di Barca sebelumya.

Tetapi perang ini masih terus berlanjut. Ada suatu langkah hukum yang ditempuh untuk melawan Laporta dan manajemennya

Ya, ya. Banyak yang mengkritik dia tetapi mereka dapat mengoleksi banyak trofi sekarang karena kerja baik yang sudah dilakukan [Laporta] sebelumnya. Jadi, kenapa mereka bertingkah seperti itu? Saya sungguh-sungguh tak mengerti. Saya sudah pernah berada di klub bertahun-tahun, dan saya tahu dari direksi mana "tembakan-tembakan" itu datang. Ini sudah menjadi tidak jelas lagi.

Kenapa?

Karena saya melihat beberapa hal yang aneh. Apa yang saya maksud? Kerja sama dengan Qatar contohnya, kamu tahu Rosell punya relasi dan bisnis dan kita sedang berbicara soal negara yang sangat kaya. Lihatlah apa yang telah dia lakukan. Dia berbicara tentang berapa utang Barca, dan selalu bertema soal ekonomi. Apa yang sebenarnya dia inginkan, ingin suatu hari mengubah Barca menjadi korporasi privat?

Rasanya itu tak mungkin.


Saya tak yakin. Jadi ke mana klub ini akan melangkah? Klub seperti apa yang dia inginkan? Ada beberapa hal yang membuat bingung dan mencurigakan. Jika kamu ingin menjual sebuah perusahaan, apa yang akan kamu lakukan? Kamu akan mengeliminasi hal-hal yang akan membuat pembeli merasa jengkel. Katakanlah pembelinya adalah Qatar [Foundation]. Section [basket, dll] lain dari klub tak akan membuat mereka tertarik, begitupun dengan lembaga-lembaga lokal karena mereka sudah punya. Ini bukanlah pikiran-pikiran yang menyenangkan, dan saya tidak mengatakan bahwa itu semua benar, tetapi jelas bahwa Anda melihat beberapa hal yang akan membuat Anda berpikir ada sesuatu di balik semua ini.


Hubungan Anda dengan Pep Guardiola tetap utuh, dan Anda berada di luar situasi ini. Anda bermain golf, makan bersama, dan sering berbicara [dengannya]

Ya, ada sesuatu yang tak berhubungan dengan yang lain. Kami berteman. [tapi], apa yang bisa kamu katakan? Apakah kamu akan menyembunyikan pemikiran? Apakah kamu akan bersembunyi [dari keadaan ini]. Jika dia bertanya, tidakkah kamu akan menjawab? Ini konyol. Persahabatan saya dengannya memberikan saya kebanggaan.

Dia telah mengalahkan Anda soal gelar: 12 banding 11

Itu memberi saya kebanggaan lebih. Pep membuat saya makin terkenal. Apakah saya harus cemburu pada orang yang menjaga martabat saya? Apa lagi yang bisa saya minta? Lebih bagus lagi adalah bahwa ini adalah cara terbaik untuk tetap mempertahankan filosofi dan juga menjadi saksi dari kekaguman atas apa dia tampilkan. Jika kamu membaca satu koran di manapun di dunia ini, dan ada artikel yang membahas mengenai betapa hebatnya gaya yang ditampilkan oleh Barcelona, nama saya dan Pep selalu muncul dan membuat saya makin terkenal.

Tepatnya. Hubungan Anda dengan Guardiola adalah salah satu alasan kenapa Anda memutuskan untuk [tidak lagi] menulis di El Periodico setiap hari Senin, [tetapi] sekarang setiap sebulan sekali.


Anda selalu berada di sekitar orang-orang yang ingin menafsirkan sesuatu secara salah. Saya tidak ingin mengganggu pekerjaan Guardiola, saya juga tidak ingin membuat dia merasa tidak nyaman dengan apa yang saya pikirkan tentang tim setiap minggunya. Musim lalu, saya hanya berbicara sedikit tentang apa yang terjadi di klub, tetapi saya melihat segala sesuatu tetap sama. Ketika Rosell mengatakan bahwa timnya bukanlah pengganggu atau penipu, apa yang sebenarnya dia maksud? Kenapa [dia] membuat sindiran seperti itu? Apakah dia sedang menuduh Mourinho? Jika kamu mewarisi suatu hal yang luar biasa di dunia, dan dalam rentangan tahun kamu mendapat kejayaan dan lebih banyak trofi dari tim manapun, [dan mempunyai] tim yang hebat untuk tahun-tahun mendatang, maka bersyukurlah.

Tetapi Guardiola menjamin bahwa segala sesuatu akan tetap sama.

Sungguh menakutkan bagi saya ketika berfikir apa yang akan terjadi jika Guardiola tidak lagi berada di sana, karena Rosell selalu berseberangan dengan orang-orang macam Pep dan Frank Rijkaard. Filosofinya lebih cenderung ke arah Brazil atau Portugal. Rijkaard seorang lelaki sejati. Jika dia bekerja di bawah Rosell, dia akan dipecat hanya dalam waktu enam bulan. (totalbarca.com/culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar