Minggu, 25 September 2011

Pep Ngotot Pakai 3-4-3, Barca Menang 5-0 atas Atletico

Lionel Messi
CULES BARCA - Seolah tak ingin kalah dari Ronaldo yang mencetak hat-trick kala menjamu Rayo beberapa menit sebelumnya, Lionel Messi juga mencetak tiga gol untuk melengkapi kemenangan Barca atas tim kuat Atletico Madrid dalam lanjutan Liga BBVA di Camp Nou, Sabtu (24/9/2011). Kemenangan Barca ini sangat berarti setelah sebelumnya Barca dipaksa bermain imbang di kandang Valencia.

Secara mengejutkan, Pep Guardiola tak kapok menerapkan pola 3-4-3 dengan hanya menyisakan Macherano, Abidal, dan Alves di belakang. Hampir semua pengamat menilai Pep akan merubah formasinya ini setelah pengalaman Mestalla, tapi nyatanya Pep tetap pada prinsipnya untuk mencoba membakukan pola 3-4-3 bagi skuad Barcelona musim ini.

Perbedaan yang cukup penting adalah pada Dani Alves. Kali ini Pep tetap memposisikan Alves sebagai bek dengan formasi 3-4-3. Dalam dua laga terakhir, Alves selalu bermain sebagai penyerang sayap ketika Barca memainkan formasi ini. Hasilnya memang lebih yahud. Sisi kanan pertahanan Barca tak pernah kecolongan seperti saat melawan Valencia. 4 gelandang Barca juga mampu mendominasi lini tengah. Fabregas, Xavi, Thiago dan Busquets membuat Barca hanya menyisakan penguasaan bola untuk Atletico tak lebih dari 25 persen di babak pertama. Tapi secara keseluruhan, penguasan bola 68 berbanding 32 persen.

Dengan cara ini, Azulgrana berhasil menekan daya-daya serang tim tamu. Falcao hampir tak pernah mendapat peluang berarti di depan. Dia pun harus pulang dengan kepala tertunduk, selain karena tak dapat membuat gol, timnya harus kalah telak 5-0.

Pesta gol Barca diawali oleh umpan presisi Xavi kepada David Villa pada menit kesembilan. Setelah mengecoh satu pemain, Villa dengan mudah menaklukkan kiper Thibaut Courtois. 1-0 untuk Blaugrana.

Pada menit ke-15, umpan Pedro untuk Messi berakhir dengan shot on goal, yang berhasil ditepis kiper lawan. Malang bagi Atletico karena Miranda justru salah mengantisipasi bola dan kemudian masuk ke gawang sendiri.

Messi benar-benar mencetak gol pada menit ke-26 setelah menguasai umpan dari Pedro. Pemain ajaib ini kemudian menggiring bola mengecoh Antonio Lopez dan Miranda. Tendang kaki kirinya yang keras kemudian menghujam ke gawang Courtois.

Messi belum puas hanya dengan satu gol. Pada menit ke-78, Messi berhasil menguasai umpan Dani Alves. Ia kemudian menggiring bola masuk melewati sejumlah pemain lawan dan dari tengah kotak penalti melepaskan tendangan kaki kiri, yang membuat bola melesak ke sudut kiri bawah gawang Atletico.

Di masa injury time, Messi sekali lagi membuat Courtois terpana setelah tembakan dari sudut sempit ke arah tiang jauh masuk ke gawang. Bermain satu dua dengan Villa, Messi dengan cepat menusuk dari samping dan mengakhiri kontrol bolanya dengan sebuah tendang kaki kiri keras ke gawang Atletico. (culesbarca.com)



Statistik

Barcelona                       Atletico Madrid

  • 18(8)     Shots (on Goal)              6(2)
  • 17         Fouls                              18
  • 8           Corner Kicks                    1
  • 2           Offsides                            0
  • 68%     Time of Possession            32%
  • 1           Yellow Cards                    1
  • 0          Red Cards                         0
  • 2          Saves                                4

Susunan pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Sergio Busquets (Gerard Pique 54), Javier Mascherano, Eric Abidal (Maxwell 81), Dani Alves; Xavi, Cesc Fabregas (Seydou Keita 72), Thiago; David Villa, Lionel Messi, Pedro

Atletico: Thibaut Courtois; Diego Godin, Miranda, Antonio Lopez, Luis Perea; Mario Suarez (Arda Turan 45), Gabi, Tiago (Adrian 80); Diego, Radamel Falcao, Jose Antonio Reyes (Eduardo Salvio 45)

Wasit: Carlos Delgado Ferreiro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar