Senin, 26 September 2011

Perbandingan Statistik Gol Messi dan Ronaldo

CULES BARCA - Dua pemain ini selalu terlibat dalam debat siapa yang terbaik di muka bumi. Tetapi, sementara Messi sudah mulai disanding-sandingkan dengan legenda bola macam Maradona dan Pele, Ronaldo masih harus berjuang setidaknya meraih trofi Liga Champions bersama Real Madrid.

Kendati Messi sudah dua level di atas Ronaldo soal pencapaian trofi - baik di liga domestik ataupun liga eropa -, Ronaldo tetaplah mesin gol yang susah ditandingi siapapun, lepas dari segala kontroversi diving dan seringnya Ronaldo mendapatkan penalti.

Statistik berbicara, Ronaldo punya rasio mencetak gol lebih baik dari Messi dari total laga yang dijalaninya. Dari total 182 laga di La Liga yang dijalani Messi, bocah ajaib itu "hanya" mampu melesakkan 127 gol. Mari bandingkan dengan Ronaldo yang mampu mencetak 73 gol "hanya" dalam 68 laga. Itu artinya Ronaldo secara rata-rata selalu mencetak gol di tiap pertandingan.

Statistik gol di semua kompetisi juga berbicara senada. Messi "hanya" mengoleksi 192 gol dari 278 laga di semua kompetisi bersama Barca, sementara CR7 mengoleksi 97 gol "hanya" dalam 94 laga bersama El Real.

Statistik ini tentu saja tidak serta merta membawa pada kesimpulan bahwa Ronaldo lebih baik dari Messi. Untuk mengukur kemampuan seorang pemain, banyak faktor yang harus dinilai; sejauh mana dia berhasil membawa timnya mencapai gelar tertinggi; sejauh mana dia berperan dalam pertandingan-pertandingan penting; sejauh mana dia berkontribusi melalui gol dan assist dan sejauh mana dia bisa mengangkat performa tim di lapangan.

Mari kita melihat statistik yang lain menginjak pekan ke-5 La Liga ini. Messi sejauh ini menjadi yang terdepan baik dalam mengoleksi gol dan assist. Dari lima pertandingan La Liga bersama Barca, Messi sudah mencetak delapan gol dan membuat 5 assist. Sementara Ronaldo mengoleksi tujuh gol dan baru membuat satu assist.

Soal percobaan mencetak gol, CR7 nampaknya menjadi pemain paling "boros" di Liga Spanyol. Ronaldo membuat 38 shot on goal untuk dapat mencetak tujuh gol, sementara Messi hanya perlu membuat 26 shot on goal untuk delapan golnya. (culesbarca.com)

1 komentar:

  1. Messi dong tetap yang terbaik sebagai aliens bola sepanjang sejarah. Tapi mungkin nanti akan ada yg baru lagi. Tapi kalo dibandingkan dengan pemain2 lalu, messi lebih bagus

    BalasHapus