Senin, 19 September 2011

Preview Barcelona vs Valencia: Mengingat Kejayaan Benitez

CULES BARCA - Barcelona akan bertandang ke Valencia Rabu dinihari tengah pekan ini dalam lanjutan LigaBBVA pekan keempat. Jika bisa mengalahkan tim kelelawar ini, Barca (7 point) akan menjadi pemuncak klasemen mengingat saat ini Valencia berada di posisi itu (9 point).

Mungkin banyak orang berpikir Valencia akan akan mampu mempertahankan posisi ini hingga akhir musim. Duo raksasa Spanyol Barcelona dan Madrid, akan menjadi ganjalan terbesar.

Tapi, sejarah sebenarnya pernah berpihak pada mereka dalam 11 tahun terakhir ini. Bersama Rafael Benitez, Valencia pernah mencapai kejayaan dengan merengku gelar La Liga musim 2001/2002 dan 2003/2004, serta Piala UEFA musim 2003/2004, mengalahkan Marseille ketika itu.

Hasil seri Barcelona melawan Real Sociead dan kekalahan Real Madrid atas Levante menjadi bukti bahwa La Liga bukanlah milik klub asal Castilia dan Catalan saja. Barcelona masih bisa dilawan dan Madrid bahkan bisa kalah oleh Levante yang di atas kertas merupakan tim "lemah". Dan faktanya, Valencia menjalani tiga laga awal La Liga mereka dengan sempurna dan meraih point maksimal 9.

Benitez adalah satu-satunya pelatih yang mampu mematahkan dominasi Real Madrid dan Barcelona di 11 tahun terakhir La Liga. Bukan berarti sejarah tak bisa terulang. Karena bola itu bulat, segalanya sangat mungkin terjadi.

Unai Emery sekarang menjadi pelatih tim kelelawar. Valencia finish di urutan tiga selama dalam dua musim terakhir. Seperti layaknya tim-tim "menengah", mereka menderita karena pemain-pemain bintangnya harus dijual ke klub lain untuk menutupi hutang.

Ketajaman Soldado
Dalam tiga laga mantan bomber Getafe ini selalu mencetak gol dan total telah mencatat lima gol. Melawan Racing Santander dia membukukan tiga gol, menghadapi Atletico Madrid mendulang satu gol, dan melawan Sporting Gijon mencetak satu gol. Soldado, 26, mengisi posisi yang ditinggalkan Villa ke Barca tahun lalu. Dia dipertimbangkan menjadi tandem Villa di Timnas pada perhelatan Euro 2012.

“Dari pekan pertama hingga ketiga, tim ini memainkan performa menawan yang dibangun berdasar permainan kolektif. Setiap pemain memiliki kontribusi besar dalam setiap pertandingan. Soldado memang menentukan. Tapi, semuanya berasal dari kerja sama tim yang padu. Kami bermain dengan penuh semangat dan tak pernah menyerah,” beber Emery.

Kendati pemuncak klasemen, entrenador Valencia tak ingin keburu jumawa. "Kami harus tetap tenang, liga baru saja dimulai. Kami dapat menikmati ini, tetapi perjalanan ini masih panjang," tegasnya.

Sementara, Barcelona kembali mengukuhkan dirinya sebagai tim super dengan pesta gol Ossauna 8-0. Messi mencetak hat-trik yang membuatnya menjadi top skor bersama dengan Soldado (5 gol). (culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar