Jumat, 09 September 2011

Preview Real Sociedad vs Barcelona: Pemain Kunci, Analisis Taktik

Iniesta
CULES BARCA - Barcelona akan mengunjungi Real Sociedad besok Sabtu. Pertandingan akan dimainkan pukul 23.00 Wita dan (biasanya) akan disiarkan Tv One. Ini adalah pertandingan kedua di La Liga, tepat hanya berselang 3 hari kemudian Barcelona akan menjamu tim kuat AC Milan di penyisihan Group H Liga Champions 2011/2012.


Ketika orang berpikir akan sangat mudah bagi Barcelona untuk memenangkan duel ini, kenyataannya, bermain di Anoeta bukanlah suatu hal yang sama sekali mudah. Real Sociead selalu menjadi lawan yang tangguh ketika mereka tampil di kandang.

Ok, berikut ini faktanya. Real Sociedad dan Barcelona telah bertemu 64 kali di ajang La Liga di Stadion Anoeta: 25 kemenangan untuk Sociedad dan 17 kemenangan untuk Barcelona. 22 kali sisanya berakhir dengan imbang. Ini termasuk kekalahan Barca 2-1 musim lalu.

Barcelona hanya berhasil memenangkan enam pertandingan dari 22 kali kunjungan terakhirnya ke Anoeta. Sementara 10 dari 22 pertandingan berakhir draw, dan enam kali kalah.

Perlu juga dicatat, Real Sociedad adalah satu dari antara dua tim (satunya Hercules) yang berhasil mengalahkan Barcelona di La Liga.

Faktor kelelahan setelah menjalani laga internasional akan menjadi nilai tambah bagi pasukan dan San Sebastian untuk menggempur punggawa Catalan.

Musim lalu Barca kalah 2-1. Ifrán dan Xabi Prieto mencetak gol untuk membalas gol pertama yang dilesakkan oleh Thiago di babak pertama. Tak ada yang menyangka Barcelona akan kalah ketika itu.

Barcelona memainkan pemain lapis kedua kala itu karena mereka sedang bersiap menghadapi MU di Final Liga Champions. Kendati demikian, hasil ini tetaplah suatu impresif bagi Sociedad. Kemenangan ini akan membawa satu keyakinan pasti dalam diri mereka; Barca tidak tak terkalahkan.

Ya, kendatipun sebenarnya Barca meremukkan Sociedad di pertemuan pertama musim lalu dengan lima gol tanpa balas. Gol kala itu dicetak David Villa, Andrés Iniesta, Lionel Messi dua gol dan gol terakhir oleh Bojan.

Jadi, bagaimana kira-kira pertandingan ini akan berjalan?


Pemain Kunci Real Sociedad: Xabi Prieto
Umur               : 28
Tinggi               : 1.85 m
Kebangsaan     : Spanish
Posisi               : Gelandang Kanan
Nomor             : 10


Xabi Prieto juga dikenal sebagai "The other Xabi" , dan juga salah satu pemain yang masud daftar "diremehkan" di Spanyol. Begitulah, tapi mari kita lihat lagi.

Bermain sebagai gelandang kenan, Xabi konsisten menciptakan ancaman-ancaman dengan umpan-umpan dari sayap. Bermain dengan cara ini, Xabi mampu mengukirkan namanya dengan 14 assists dan tujuh gol pada musim kemarin. Bukan suatu pencapaian yang buruk bukan?

Xabi adalah juga seorang algojo penalti yang tenang. Tendangan dahsyatnya mengoyak gawang Barcelona musim lalu.


Pemain Kunci Real Sociedad: Antoine Griezmann

Umur                : 20
Tinggi                : 1.76 m
Kebangsaan     : Perancis
Posisi               : Sayap kiri
Nomor             : 7

Griezmann bukan sosok yang cukup disenangi fan Real Sociead, terutama setelah dia menyatakan secara terbuka ingin bergabung dengan Atletico Madrid.

Pemain Timnas u-21 Perancis ini adalah pemain muda paling bertalenta di skuad Sociedad.

Dia punya dribble yang yahud dan cukup menyulitkan Alves musim kemarin. Jika Sociedad ingin menang, Griezmann harus bisa tampil maksimal di sisi kiri, dan berharaplah Alves sedang tidak enak badan.


Analisis Taktik Real Sociedad
Real Sociedad Starting XI (4-2-3-1):



                      Bravo

Martínez    Iñigo    Demidov    de la Bella

            Aranburu       Mariga

Xabi Prieto     Zurutuza     Griezmann

                      Agirretxe



Pelatih: Philippe Montanier

Cara bermain Real Sociedad bukan sesuatu yang akan mengejutkan siapapun. Strategi mereka cukup sederhana: Pertahanan yang kuat di belakang, serangan balik yang cepat dengan memaksimalkan dua pemain andalan Xabi Prieto dan Griezmann sehingga Agirreetxe atau Llorente dapat menuntaskan umpan.

McDonald Mariga, centre back Vadim Demidov dan holding midfielder Mikel Aranburu akan menjadi tumpuan ketika Barcelona mulai melancarkan serangan mautnya.

Dan jangan lupa, Sociead masih punya Carlos Vela yang dipinjam dari Arsenal. Kendati mungkin akan menghuni bangku cadangan, sangat mungkin Carlos menggantikan Griezmann atau Zurutuza jika sang arsitek Philippe Montainer ingin kecepatan lebih di depan.


Pemain kunci Barcelona: Cesc Fábregas dan Messi
Sudah menjadi perbincangan banyak orang, Fabregas dan Messi makin padu bermain. Dua assist dari Messi dan dua gol dari Fabregas di dua pertandingan membuka mata dunia. Ya, ini pasangan baru yang siap mengantarkan Barcelona menggapai puncak kejayaan di tahun berikutnya.

Saya pribadi berharap Cesc menjadi starting eleven, bersama juga dengan Thiago dan Alexis Sanches. Bukan meremehkan Sociedad, tapi jeda pertandingan melawan AC Milan di Camp Nou memang agak terlalu dekat. Antara Xavi atau Iniesta mungkin perlu diistirahatkan.


Analisis Taktik FC Barcelona
FC Barcelona Starting XI (4-3-3):



                                 Valdés

               Alves  Mascherano Busquets Abidal

                                   Keita

                          Xavi         Fábregas

Pedro/Sanchez            Messi            Iniesta/Villa



Pola 3-4-3 melawan Villarreal sangat mungkin diterapkan lagi, tetapi dengan boleh tampilnya Alves, Guardiola kemungkinan tak akan memaksa tiga beknya bekerja terlalu keras, mengingat cadangan bek sekarang sedang menipis.

Piqué masih cedera dan Puyol sudah pulih, begitu juga dengan Adriano, tapi dua nama terakhir mungkin tidak akan dimainkan full.

Fabregas sedang on fire, dan Guardiola jelas melihat itu. Jika dia masuk sejak menit awal, posisinya akan sama seperti pertandingan terakhir. Bergantian menjadi striker dan playmaker bersama dengan Messi.

Prediksi
Tidak akan menjadi pertandingan mudah bagi Barcelona di Anoeta.

 Prediksi Skor:     Real Sociedad 1, Barcelona 2
 Alternatif    Real Sociedad 1, Barcelona 3 

Diolah dari artikel karangan Andres Ehrli

Follow Twitter CulesBarca.com di @Barca_Cules

Tidak ada komentar:

Posting Komentar