Senin, 12 September 2011

Puyol "Jantung" Tim FC Barcelona

Carles Puyol David (Ramos/Getty Images)

CULES BARCA - Ketika Carles Puyol mengalami cedera pada bulan Januari awal tahun ini, dia diharapkan dapat segera sembuh secepatnya. Tapi sayangnya, cederanya kala itu bukanlah cedera biasa. Cedera itu menjadikannya harus beristirahat selama sisa musim ini.

Puyol kemudian kembali untuk memperkuat Barcelona pada partai el clasico, membantu timnya untuk memenangkan La Liga dan gelar Liga Champions.

Kapten tim Barcelona itu hanya bermain tiga kali sejak cederanya pada Januari, dan kendatipun dia bermain dengan baik, Puyol tetap rentan cedera. Pertengahan tahun ini, pemain 33 tahun itu akhirnya menjalani operasi lutut untuk memperbaiki akar masalah dari cedera yang sering menderanya.

Kembalinya Puyol ke skuad adalah kabar terbaik untuk Barcelona awal musim ini. Kehadirannya di lapangan sangat mungkin menjadi penentu kegagalan atau kesuksesan Barca musim ini. Xavi mendeskribsikan dia sebagai ,"pemain paling penting di tim." Bukan hanya bahwa Puyol adalah seorang bek terbaik, tetapi dia adalah kapten dan pemimpin dari tim. Dia adalah jantung dari Barcelona.

Puyol adalah sosok vital di lapangan ketika Barcelona sedang bermain. Pertahanan Barcelona sangat tangguh ketika dia berada di lapangan, meneriaki pemain lain, dan menjaga keseluruhan tim supaya tetap fokus. Piqué juga mengakui bahwa penampilannya lebih baik ketika ada Puyol di sisinya. Kendati usianya sudah di kepala tiga, Puyol tetaplah menjadi pemain kunci di tim.

Kekuatan dan kedalaman pertahanan Barcelona akan tergantung pada kebugaran Puyol musim ini. FC Barcelona membutuhkan kapten mereka jika mereka ingin mengulangi kembali apa yang sudah mereka capai tahun lalu. Di samping itu, kembalinya Puyol akan memberikan suntikan moral yang besar untuk tim. Dan, tentunya, kejadian seperti melawan Sociedad tidak akan terulang lagi.

Puyol, adalah satu-satunya puzzle yang hilang dari skuad Barcelona musim ini. Puyol akan berumur 34 tahun musim ini dan pendukung Barcelona harus menerima kenyataan bahwa dia tidak lagi muda dan harus dirotasi di beberapa pertandingan. Tetapi kapten legendaris ini harus menyelesaikan misinya sebelum dia benar-benar gantung sepatu: Puyol adalah satu dari antara dua orang - satu lagi adalah Franz Beckenbauer - yang menjadi kapten dari tiga gelar Liga Champions. Dengan demikian makin menegaskan namanya sebagai legenda baik untuk FC Barcelona maupun untuk sepakbola!

Diolah dari artikel karangan Manuel Traquete di bleacherreport.com @Manueltraquete

Tidak ada komentar:

Posting Komentar