Minggu, 11 September 2011

Real Sociedad vs FC Barcelona 2-2: Rating Pemain

CULES BARCA - "Virus FIFA" lagi-lagi membuat Barcelona terpuruk. Musim lalu Barca kalah 0-2 secara mengenaskan dari tim promosi Hercules setelah jeda pertandingan internasional. Kini, hal yang sama hampir saja terulang lagi.


Tampak akan memenangkan pertandingan dengan mudah dengan dua gol di 12 menit pertama, Barca justru hampir dipermalukan di hadapan publik Anoeta. Real Sociedad secara mengejutkan berhasil menyamakan keadaan dan bahkan hampir unggul 3-2 dengan serentetan serangan saat punggawa Barcelona panik. Kesalahan individual dan permainan yang buruk di babak kedua membuat Barcelona harus menerima 1 point dengan lapang dada.

Dengan permainan yang di bawah standar, rating pemain juga tak akan tinggi kali ini.

Victor Valdés – 6

Membuat beberapa penyelematan gemilang dan sama sekali tak bisa disalahkan atas dua gol Sociedad, tetapi penampilannya tidak seperti biasanya. Di samping itu, Valdes hampir saja "membuat" satu gol bersejarah sepanjang Barca berkompetisi di La Liga. Sepakan back pass dari jarak jauh tak dilihatnya sebab dia membelakangi lapangan. Jika dia telat 1 detik saja balik badan, situasi akan menjadi sangat tidak mengenakkan bagi Barcelona.

Adriano Correia – 5.5

Kuat di babak pertama, tapi sama seperti pemain bertahan lain, tak mampu mengatasi tekanan dari Real Sociedad. Secara umum, dia tampil di bawah standar.

Sergio Busquets – 5

Seperti Adriano, Sergio tampak panik dan tak bisa menguasai keadaan. Dia dipecundangi dalam duel udara melawan Agirrtxe. Sergio tampak kurang bisa bermain baik di posisi barunya sebagai bek tengah. Tanda-tanda itu sebenarnya bisa terlihat kala Sergio membuat gol bunuh diri musim lalu ketika Barca menjamu Arsenal di Camp Nou dalam duel knock out liga champions.

Andreu Fontás – 5.5


Kerjasamanya dengan Busquet cukup buruk. Dia harus didampingi pemain berpengalaman macam Pique dan Puyol. Sebagai pemain binaan Barca, Pep harus memberinya jam terbang lebih, tapi harus dengan pendamping yang pas.

Daniel Alves – 6

Membuat penyelamatan gemilang yang menghindarkan Barca dari kekalahan memalukan 3-2 setelah sempat unggul 2-0. Lebih bagus menyerang daripada bertahan. Musim lalu, "hormon" menyerangnya agak disumbat oleh Pep karena sering kebobolan di sisi kanan. Jika bisa disiplin, Alves adalah pemain bertahan sulit dilewati siapapun.

Seydou Keita – 5.5

Kuat di babak pertama, tapi mentalnya jatuh di babak kedua. Tidak mampu mengangkat performa  Barca di lini tengah dan hanyut dalam kepanikan.

Xavi Hernandez – 6.5

Mencetak gol pertama dan menjadi kunci dari terciptanya gol kedua. Xavi tampak kelelahan, tapi jelas bahwa dia pemain terbaik Barca di pertandingan kali ini.

Thiago Alcantara – 5.5

Bermain di bawah performanya. Tidak seperti yang dia tunjukkan kala Barca membantai Villarreal. Menciptakan beberapa umpan di babak pertama tapi loyo di babak kedua dan akhirnya digantikan oleh Lionel Messi.

Cesc Fabregas – 6


Brilliant di babak pertama, tapi tak berkembang di babak kedua. Sangat tajam di babak pertama, tapi babak kedua seperti kehilangan daya.

Alexis Sanchez – 6.5

Cepat! Sebelum cedera, penampilannya sungguh menjanjikan. Pergerakan dan dribblingnya di atas rata-rata. Sayang bahwa dia akan absen untuk dua bulan ke depan. Bad news.

Pedro Rodriguez – 5


Hari yang buruk untuk Pedro. Dia dikenal sebagai seorang finisher, tapi kali ini umpang matang dari Cesc tak dapat diselesaikannya. Beruntung Cesc bisa me-rebound bola. Semoga Sanchez tak membuatnya menjadi kurang percaya diri.

Pemain Pengganti

David Villa – 4

Boleh dikatakan sebagai pemain terburuk Barca di pertandingan kali ini. Kurang adil jika menimpakan kesalahan gol kedua hanya pada Villa, tapi jelas bahwa dia punya andil besar atas terciptanya gol itu. Villa butuh membuat gol untuk Barca. Btw, entah kenapa, kecepatannya berkurang akhir-akhir ini.

Lionel Messi – 5.5

Harusnya dia beristirahat di pertandingan kali ini. Pep mencoba memasukkannya setelah kedudukan 2-2, berharap Messi membuat keajaiban, tapi hal itu tak kunjung datang hingga peluit akhir berbunyi. Cules berharap, Messi kembali ke performa terbaiknya pada Rabu nanti.

Andrés Iniesta – 6

Datang menggantikan Fontas di 10 menit terakhir, berhasil membuat serangan barca menjadi lebih hidup, tetapi waktunya terlalu sedikit baginya untuk bisa membuat perbedaan.

Catatan editor: Diolah dari tulisan karya Manuel Traquete @Manueltraquete.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar