Rabu, 14 September 2011

Review Barcelona vs AC Milan (2-2): Bola Mati Lagi-Lagi Jadi Petaka untuk Barca


CULES BARCA - KECEWA, dua kali pertandingan terakhir, Barca seharusnya bisa menang, tapi entah kenapa keberuntungan seperti tidak berpihak. Dan, hasil imbang ini rasanya seperti Barca kalah. Btw, kalau benar-benar kalah rasanya seperti apa ya .

Tapi ya sudahlah, AC Milan memang lawan yang elegan. Satu hal yang harus dicatat adalah bahwa pertandingan tadi berjalan dengan fair, tak ada kontroversi, dan masing-masing tim menjunjung tinggi sportivitas.

Dengan cara bermainnya sendiri, AC Milan mampu bermain imbang di Camp Nou dan menari-nari di depan cules setelah Thiago Silva mencetak gol di menit 92.

Milan sebenarnya hanya punya tiga shot on goal, sayangnya, dua di antara tiga shot itu benar-benar berbuah gol. "Disiksa" hampir selama 90 menit permainan, AC Milan akhirnya tetap bisa bermain imbang 2-2 melawan jagoan Eropa AC Milan dalam duel big match penyisihan Group H Liga Champion musim 2011/2012.

Barcelona tampak akan memenangkan pertandingan karena hingga waktu normal babak kedua berakhir, kedudukan masih 2-1 untuk Barcelona. Gol kedua El Barca diciptakan oleh David Villa melalui tendangan bebas ke sudut kiri gawang pada menit 50. 

Petaka datang bagi publik Catalan kala Sedorf berhasil mengirim umpang matang dari sepakan pojok yang berhasil diselesaikan oleh Thiago Silva melalui sundulun keras yang dak dapat diselamatkan Valdes di menit 92.

Barcelona menguasai jalannya pertandingan sepanjang 90 menit dan Milan praktis hanya mengandalkan serangan balik dan hanya membuat tiga shot on gol yang dua-duanya berbuah gol.

Sebaliknya, Barcelona berulang kali membuat shot lewat Messi dan Pedro namun pertahanan Rossoneri terlalu kuat untuk ditembus. Barcelona total membuat 22 tembakan, 7 di antaranya tepat mengarah ke gawang, sementara AC Milan membuat enam tembakan dan tiga di antaranya mengarah ke gawang. Barcelona menguasai 69 persen aliran bola selama pertandingan.

Pembahasan Babab Pertama

Tak terduga siapapun, Pato membuat gol sensasional di babak pertama, ketika Macherano bahkan belum sempat meregangkan semua otot-ototnya untuk menghadapi laga penting ini. Gol Pato lahir dari assist Antonio Nocerino memanfaatkan kecepatan larinya yang luar biasa. Bola kemudian dia lesakkan melewati kolong Viktor Valdes.

Milan tampak akan memberikan perlawanan berarti bagi Barca setelah mampu mencetak gol di menit pertama babak pertama, tapi ternyata ancaman-ancaman dari tim asuhan Allegri itu hanya berlangsung tidak lebih dari 10 menit. Barca dengan gaya aslinya mampu mendominasi pertandingan dan membuat permainan hanya berjalan satu arah. Hampir seluruh waktu di babak pertama bola bergulir di wilayah AC Milan.

Barcelona yang menguasai bola sepanjang permainan akhirnya memecah kebuntuan melalui pergerakan Lionel Messi yang dengan kecepatannya mampu "over lap" Abate di menit 36. Larinya yang cepat diakhiri dengan umpan menyusur tepat di depan gawang dan diselesaikan oleh Pedro. 1-1 kedudukan.

Messi sebelumnya sudah berulang kali mengancam gawang Milan melalui beberapa kali tendangan ke arah gawang, termasuk tendangan bebas pisangnya pada menit 18 yang membentuk mistar gawang.

Barcelona menguasai bola 70 persen berbanding 30 persen. Lini tengah Barcelona juga sangat mendominasi permainan. Kurang adanya tekanan berarti di lini tengah membuat Xavi, Iniesta dan Messi leluasa mengalirkan bola.

Alves di sisi kanan pun berulang kali maju membantu pertahanan, satu hal yang sudah mulai jarang dilakukannya, terutama ketika melawan tim-tim berat macam Real Madrid dan MU.


Susunan pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Sergio Busquets, Javier Mascherano, Eric Abidal, Dani Alves; Seydou Keita (Carles Puyol 67), Andres Iniesta (Cesc Fabregas 39), Xavi; David Villa (Ibrahim Afellay 83), Lionel Messi, Pedro

Milan: Christian Abbiati; Thiago Silva, Alessandro Nesta, Gianluca Zambrotta, Ignazio Abate; Mark van Bommel (Alberto Aquilani 78), Kevin Prince Boateng (Massimo Ambrosini 34), Clarence Seedorf, Antonio Nocerino; Antonio Cassano (Urby Emanuelson 62), Alexandre Pato

Wasit: Martin Atkinson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar