Senin, 05 September 2011

Tak Ada Pemain Cadangan di Barcelona, kecuali Pinto

Fabregas diperkenalkan ke public Catalan sesudah resmi jadi milik Barcelona

CULES BARCA - Berikut ini adalah wawancara antara Sport.es dengan salah satu Direktur FC Barcelona Josep Maria Bartomeu, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Totalbarca.com, dan diterjemahkah lagi ke Bahasa Indonesia oleh CulesBarca.com


Josep Maria Bartomeu tidak mengambil liburannya musim panas lalu karena menghabiskan waktu untuk menegosiasikan dua nama yang kini berbaju blaugrana (Cesc Fabregas dan Sanchez). Kini Bartomeu mengungkapkan alasan-alasan di keputusan pembelian pemain itu.

Apakah Anda mengharapkan hasil cepat dari investasi terhadap Cesc dan Alexis?

Pelatih tahu kualitas mereka, tetapi level mereka kini di mana mereka bermain memang sangat tinggi. Alexis dan Sanchez menyadari bahwa dengan skuad yang bagus ini, mereka punya kewajiban untuk beradaptasi dengan mudah karena kami membutuhkan mereka. Mereka mengerjakan tugasnya. Soal Cesc, dia telah beradaptasi dengan sangat cepat.

David Dein (Mantan Bos Arsenal) mengatakan bahwa Barcelona telah membawa sampanye kemenangan dari harga transfer Cesc. Berapakah harga sebenarnya dari Cesc?


Misi penyelesaian transfer ini berjalan dengan baik. Harganya di pasar sebenarnya bukan 29 juta euro, tapi turun ketika Cesc mengatakan bahwa dia hanya ingin pergi ke Barca. Harganya tidak lagi ditentukan oleh pasar. Harga sebenarnya yang Arsenal minta adalah tidak kurang dari 60 juta euro.

Bagaimana kebocoran soal hal ini mempengaruhi proses negosiasi dan bagaimana peran media soal ini?

Negosiasi yang sempurna adalah ketika tidak ada hal yang sampai ke telinga para wartawan. Tak mungkin memberitahu pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini. Negosiasi layaknya bermain poker. Ketika kamu ingin membeli kamu harus mencoba, entah benar atau salah, berpikir seolah pemain tersebut tak punya tawaran lain. Inilah alasan kenapa kita mendapat Cesc dan Alexis, yang sebelumnya mengatakan bahwa mereka hanya ingin pergi ke Barcelona.

Pada saat bersamaan, kamu harus membuat pernyataan yang jelas, berapa yang yang akan kamu bayar. Faktanya adalah, pernyataan bahwa kami hanya punya 45 juta euro untuk transfer pemain, menguntungkan kami, karena klub-klub lain dengan demikian tahu posisi kami. Jika kamu yang menjual, posisinya akan berbeda. Dalam kasus ini, kamu akan berusaha membuat banyak pilihan.

Berdasarkan parameter apa skuad dibangun, apakah mencari dua pemain untuk menutup satu posisi, apakah pemain-pemain muda (Barca B) juga diperhitungkan?


Kita mempunyai orang-orang untuk menjalankan sistem pembinaan pemain muda. Skuad dibangun berdasarkan ide bahwa semua pemain dapat mempunyai kesempatan bermain. Tidak ada cadangan kecuali Pinto. Pemain keluar dan lainnya masuk. Pep mempunyai pemain-pemain berkualitas di bangku cadangan, tetapi di beberapa pertandingan, ketiadaan beberapa pemain (inti) mungkin akan merevolusi pertandingan (mungkin yang dimaksud adalah perombakan dan pola bermain yang sungguh baru).

Apakah dia (Pep) puas?


Dia telah mengatakan itu di depan umum. Selama musim ini, Zubizarreta, Julià, Tito dan Pep telah bertemu secara rutin untuk melihat pemain mana yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan tim. Mereka melakukan penyaringan. Mereka punya lima pilihan nama untuk penyerang, kalau gelandang, pilihan mereka cuma Cesc. Tidak ada keinginan untuk (membeli) bek. Guardiola mendapat penyerang yang dia inginkan, juga satu-satunya gelandang yang dia mau.


Tiap klub bernegosiasi dengan cara yang berbeda. Udinese ingin menjual Alexis dan mereka mendapat tawaran dari Chelsea sebenar 50 juta euro, juga dari city untuk harga 55 juta euro, tetapi hal ini tidak terjadi di Arsenal. "Posisi" pemain adalah kuncinya. Mereka tunduk (pada pemain).

Apakah Manchester City mengingkan Leo (Lionel Messi) dan menawarkan 70 juta euro plus Balotelli?

Tidak. Barca memang telah berubah menjadi klub yang juga menjual pemain, tetapi tidak untuk pemain inti kami. Mereka adalah kunci dari permainan kami. Yang kami inginkan bukan kesuksesan finansial, tetapi pertama-tama adalah kesuksesan dalam sepakbola. Kebijakan utama kami bukan menjual pemain, tetapi memenangkan gelar. Kami menginginkan pemain kunci yang mengawali karirsnya di sini dengan baik dan menyelesaikannya di sini dengan baik pula. Klub tahu betul tidak akan mengetuk pintu untuk pemain seperti Pedro, Xavi, Iniesta, Pique.

Apakah benar bahwa mereka datang dan menegosiasikan soal Alves?

Ya, mereka muncul. Mereka mencoba apakah ada sesuatu yang bisa mereka dapatkan di sini. Tapi seharusnya mereka tidak datang jika pemain tak mau menegosiasikan kontrak dengan mereka. Benar bahwa ada beberapa pemain dari youth system atau dari tim utama yang tidak memainkan banyak pertandingan.

Messi telah memainkan peran terbaiknya, apakah dia akan mendapatkan kontrak yang lebih baik (gajinya dinaikkan mungkin maksudnya)?

Tidak. Dia sudah punya nilai kontrak yang terus naik sesuai dengan penampilannya di musim terakhirnya. Kami tidak punya rencana untuk negosiasi ulang dengannya sampai tiba waktunya untuk diperbaharui. Dia punya kontrak sampai 2016.

Siapa di antara pemain muda yang diperbincangkan untuk dipromosikan?

Kamu dapat melihat beberapa pemain yang kontraknya kami perbaharui. Kami telah menyelesaikan kontrak Sergi Roberto dan sekarang sedang berproses untuk Montoya, Tello dan Marc Bartra. Mereka yang kontraknya kami perbaharui, adalah pemain-pemain yang punya kemungkinan akan naik ke tim utama. Mereka adalah calon-calon penerus suksesi. Yang terjadi adalah, mereka sebenarnya sangat bagus, tapi kadang ada halangan di jalur yang harus mereka lalui. Contohnya Oriol Romeu. Dia akan jadi pemain hebat, tapi Sergio Busquets and Mascherano berada di depan jalurnya.

Apakah Pep akan diperbaharui (kontraknya)

Dia orang yang sangat cerdas. Kami memberikan apa yang dia mau, jadi ketika kami harus berbicara soal perpanjangan  kontrak, akan sulit baginya untuk mengatakan tidak.

Apakah Anda berpikir waktunya (perpanjangan kontrak) sekitar bulan Febuari?


Saya tak tahu. Kami tak ingin mengganggu Pep. Direktur-direktur di sini bekerja maksimal untuk terus membuat Pep tersenyum.

Barca tertarik pada Neymar?

Dia punya permainan yang bagus dan masih muda. Ada beberapa klub Eropa yang menginginkannya. Barcelona meninjau pemain-pemain yang akan jadi hebat nantinya.

Apakah Rosell membuat beberapa langkah soal ini?


Tidak. Dia pergi ke Copa Amerika hanya untuk berbicara kepada pemain-pemain Barcelona yang tampil di sana.

1 komentar: