Jumat, 16 September 2011

Viktor Valdes Lebih baik dari Iker Casillas (+statistik)

Viktor Valdes dan Xavi
CULES BARCA - Melihat statistik, Viktor Valdes telah menjadi kiper terbaik di Liga Spanyol selama dua musim berturut-turut. Kiper utama Barcelona ini memegang peranan penting dalam kemenangan Azulgrana musim terakhir.

Pria berkepala plontos ini mampu menjaga performanya dengan presentase tinggi penyelamatan bola musim lalu.

Penjaga gawang didikan asli La Masia ini berhasil menyelamatkan delapan dari 10 tembakan yang mengarah ke gawang musim lalu. Soal yang satu ini, Valdes lebih baik daripada Iker Casillas, David De Gea dan Diego Lopez Primera Division Spanyol.

Pada era Guardiola, Barcelona menjadi tim yang sangat mendewakan ball possession, tentu dengan tidak melupakan efektifitas permainan. Filosofi Guardiola adalah menguasai bola selama mungkin sehingga musuh sama sekali tak punya kesempatan untuk menyusun serangan menyerang dan hampir pasti mengandalkan serangan balik -yang biasanya berakhir dengan kegagalan - .

Kendati demikian, penyerangan bukanlah satu-satunya yang digarap Guardiola. Musim lalu, Viktor Valdes adalah kiper yang paling banyak membuat penyelamatan dibandingkan kiper manapun di Liga Spanyol.

Kala itu, Barcelona mencetak 95 gol di Liga Spanyol dan kemasukan 21 gol. Pencapaian gemilang ini tak lain adalah karena sosok Viktor Valdes.

Victor Valdes sendiri selalu merendah ketika dia dimintai pendapatnya soal ini. Dia biasanya mengalihkan pembicaraan dan mengatakan bahwa tim bekerja secara maksimal sebagai satu kesatuan.

Bagaimanapun, tak bisa disangkal bahwa Valdes memberikan banyak andil atas pertahanan solid Barcelona. Musim terakhir, Victor Valdes berhasil menghalau 80.6% dari total shot on goal ke gawangnya.

Statistik memang berbicara bahwa sulit mengalahkan tim seperti Barcelona. Raja Eropa ini musim lalu mendapat percobaan shot sebanyak 72 kali di kandang dan 112 shot (baik on goal dan tidak) di partai tandang. Victor Valdes menyelamatkan 91 shot on goal. Berikut ini VIDEO penyelamatan demi penyelamatan yang dibuat Viktor Valdes sejak Final Champions 2006 di Perancis.

Victor Valdes suatu kali harus abesen karena cedera dan digantikan Jose Manuel Pinto. Total Valdes kebobolan hanya 19 gol sementara Pinto kemasukan 2 gol di Liga Spanyol. Tiga pertandingan yang tak dimainkan Valdes adalah kala Barca melawan Atletico Madrid, Mallorca and Valencia.

Ok, mari kita bandingkan statistiknya dengan kiper lain di La Liga. Victor Valdes telah membuat 91 penyelamatan dari total 112 shot on goal. Kiper Real Madrid Iker Casillas membuat 65 penyelamatan dari total 82 shot on gol. Dengan catatan ini, Casillas mampu mendulang 79.3% penyelamatan berbanding shot on gol. Masih sedikit lebih rendah dari Valdes (80.6 %). Mengingat Valdes berhasil mengatasi Madrid di partai-partai penting El Clasico, ditambah lagi dengan capaian statistik, bisa dikatakan Valdes lebih baik daripada Casillas.

Dua penjaga gawang lain yang juga punya catatan hebat adalah David De Gea dan Diego Lopez. Mantan punggawa Atletico Madrid menyelamatkan 124 shot dari total 163 shot on goal (76%). Kemudian, penjaga gawang Villarreal Diego Lopez menyelamatkan 92 dari 122 shot on gol (75%).

Catatan ini sekaligus membuktikan bahwa Barcelona tak hanya luar biasa soal menyerang, tapi juga luar biasa ketika bertahan. Victor Valdes jelas adalah faktor penting dari kekokohan lini belakang Barcelona. (culesbarca.com)

catatan editor: Dialihbahasakan dari tulisan karya Joe Kerr di Bettor.com

1 komentar:

  1. NGIMPI... Valdes lebih baik dari CASILLAS..

    Valdes di Barca di dukung bek2 handal seperti Puyol, Alves dan Pique.. Sementara Casillas di Real Madrid beknya Ramos, Pepe, Marcelo suka maju ke depan dan selalu kocar-kacir saat ada serangan balik cepat...

    lihat di spanyol ketika beknya ada Ramos, Pique, Puyol, Casillas sulit di bobol!

    Jangan lupa CASILLAS ADALAH KIPER TERBAIK DUNIA:
    FIFA World XI: 2008, 2009, 2010
    FIFA/FIFPro World's best goalkeeper 2008, 2009, 2010
    IFFHS Best Goalkeeper: 2008, 2009, 2010
    FIFA.com Team of the Year: 2008

    dan lain- lain, sedangkan Valdes apa? Zamora doang Bro!

    Dunia tau siapa yang lebih baik.. Hanya Cules yang bilang Valdes Lebih baik dari CASILLAS!

    CASILLAS EL MEJOR PORTERO DEL MUNDO!

    BalasHapus