Selasa, 13 September 2011

Xavi: Biarkan Cesc Berkembang Menjadi Dirinya Sendiri

Cesc Fabregas
CULES BARCA - Cesc Fabregas dikatakan banyak orang sebagai penerus Xavi Hernandez yang sudah beranjak menua. Fabregas pun langsung tampil baik dengan mencetak empat gol di empat pertandingan Barcelona. Kendati demikian, Xavi tak ingin membebani Fabregas untuk menjadi suksesor mengingat pengalaman tak mengenakkan Xavi ketika dibanding-bandingkan dengan Guardiola.

Menurut Xavi, Fabregas harus menjadi dirinya sendiri jika ingin menjadi pemain besar. Ia tak ingin Fabregas merasa tertekan dengan beban sebagai penerusnya.

Xavi juga pernah mengalami nasib serupa. Ia merasa terbebani saat ia masuk dalam skuad senior Barcelona sebagai pengganti Josep Guardiola.

"Saya punya sebuah masa sulit ketika orang mengatakan saya adalah suksesor Guardiola dan saya tidak menikmati tahun pertama saya. Saat itu sangat sulit bagi saya untuk adaptasi," ujar Xavi dilansir eufa.com.

"Cesc (Fabregas) perlu menjadi Cesc. Dia seorang juara dan kami punya karakteristik berbeda. Saya tidak ingin siapapun menjadi suksesor saya karena itu akan membuatnya lebih tertekan. Biarkan dia menjadi dirinya dan menunjukkan betapa dia seorang pebola hebat," lanjut Xavi.

"Cesc tidak punya masalah karena dia tahu kami dari timnas. Dia tumbuh di klub, dia menikmati teknik dan taktik tim dan dengan mudah beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona saat ini," tambahnya.

Saat disinggung mengenai hasil kurang memuaskan di laga jornada 2 saat Barca ditahan imbang 2-2 oleh Real Sociedad, Xavi tetap yakin Barca musim ini tetap lebih kuat dari musim sebelumnya.

"Yang sebenarnya adalah kami tim yang mengagumkan dan tahun ini kami lebih kuat. Cesc dan Alexis (Sanchez) telah membuat tim lebih baik jadi kami sangat menyambut keduanya. Saya yakin mereka akan bermain segera dan menunjukkan kelas mereka," pungkas Xavi. (vivanews.com/culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar