Rabu, 28 September 2011

Xavi: Perbedaan Madrid dan Barca pada Kolektivitas

Legenda hidup Barcelona Xavi Hernandez

CULES BARCA - Playmaker lincah Xavi Hernandez membeberkan rahasia mengapa Barcelona lebih sukses daripada Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir.

Dia menilai kekuatan El Barca dan Madrid sesungguhnya cukup berimbang. Namun, ada satu perbedaan mendasar yang membuat El Barca lebih sukses dibanding rival abadinya itu.

Menurut gelandang berusia 31 tahun itu, para pemain El Real lebih mengutamakan skill individu dibanding bermain secara kolektif sebagai sebuah tim. Padahal faktor kedua itu yang selama ini diyakini menjadi kunci sukses Barcelona.

Madrid berupaya keras untuk mengakhiri hegemoni Barcelona di kompetisi Liga BBVA. Namun Xavi menilai kualitas tim yang dimiliki Madrid tidak mendukung kesuksesan itu. Meski kedua tim bertaburan pemain bintang kelas dunia, tapi menurut Xavi, Barcelona tetap lebih unggul dibandingkan Madrid.

"Perbedaan terbesar adalah penekanan pada individu. Itu membuat Madrid saat ini kebalikkan dari cara bermain Barcelona," ujar Xavi. "Kami memiliki pemain dengan kualitas individu hebat seperti Lionel Messi. Tapi permainan kami tetap lebih menekankan pada kesatuan tim dan kolektivitas."

Selain mengomentari rivalitas Barcelona dan Madrid, Xavi juga membahas mengenai kariernya jika sudah gantung sepatu.

"Aku menikmati sepak bola, dan aku senang tinggal di Barcelona sekaligus menjadi bagian keluarga ini. Aku senang bisa terus menjadi bagian dari sepak bola, meski sudah tak bermain lagi. Aku belum tahu apa yang akan kulakukan nanti. Tapi aku pasti bertahan di dunia ini," pungkas dia.

Bek Real Madrid Pepe secara tidak langsung mengakui pendapat Xavi ini. Dia menilai Barca hebat karena punya kolektivitas permainan yang baik, bukan karena Messi seorang. "Messi pemain yang punya kualitas luar biasa, tapi aku percaya yang lebih hebat adalah pemainan kolektivitas Barca yang luar biasa. Itu kenapa Messi tak pernah membuktikan kualitasnya ketika dia bermain di timnas Argentina. Itu yang membuktikan permainan kolektivitas Barcelona yang membuat perbedaan," jelasnya. (kompas.com/tribunnews.com/culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar