Selasa, 25 Oktober 2011

Jelang Granada vs Barcelona: Lawan Sudah Mulai Tebak Permainan Barcelona?


CULES BARCA - Pemain serba bisa Javier Mascherano kembali akan menjadi tumpuan Pep Guardiola saat Blaugrana bertandang ke markas Grana di lanjutan liga Spanyol Rabu dini hari nanti pukul 01.00 WIB yang akan disiarkan langsung di tvone.

Macherano yang sebenarnya adalah seorang gelandangan bertahan menempati posisi barunya di Barcelona akibat kurang fitnya Puyol dan Pique. Sementara, tak bisa dipungkiri juga, lini tengah Barcelona memang tampaknya sudah kelebihan stok pemain dengan adanya Fabregas dan Thiago Alcantara.

Penampilan Macherano memang tak mengecewakan timnya, tetapi posisi barunya ini sejujurnya tak pernah dibayangkan olehnya sebelumnya. "Saya tak pernah membayangkan harus bermain di posisi bek tengah. Hanya setelah setahun saya main di sini (Barcelona), saya tahu ini bermasalah karena bukan posisi natural, saya tidak tinggi, tapi saya mencoba untuk komitmen dan konsentrasi," kata Macherano seperti dilansir situs resmi klub.

Hasil seri melawan Sevilla di Camp Nou jelas tidak membuat Macherano tidur cukup nyenyak, tapi sekaligus ini pertanda baginya bahwa Barca harus berjuang lebih keras lagi musim ini untuk dapat mempertahankan gelar juara. "Hasil melawan Sevilla adalah gambaran bahwa persaingan untuk jadi juara La Liga makin sulut. Kami semua sepakat juara La Liga takkan semudah musim lalu. Kami harus memenangkan pertandingan dengan bermain lebih keras lagi," katanya.

Banyak orang beranggapan bahwa pola permainan dan serangan Barca sudah mulai bisa ditebak pascahasil seri melawan Seviila. Tapi betulkah demikian yang terjadi? Menurut saya kok tidak. Pola super defensive banyak diterapkan tim lawan-lawan Barca sebelumnya. Sama juga seperti Sevilla, BATE, Viktoria, AC Milan dan bahkan Madrid beberapa waktu lalu menerapkan pola ini saat melawan blaugrana. Bagaimana hasilnya? Sangat bisa dihitung dengan jari tim yang tidak kebobolan oleh Barca hingga peluit akhir berbunyi.

Maka, tidak ada alasan bagi Pep untuk khawatir berlebihan. Tetap bermain seperti layaknya Barca, melakukan serangan dengan rapi dan sabar untuk menciptakan gol. Ingat, Sevilla butuh 10 kartu kuning dan kiper Javi Varas untuk dapat menahan gempuran Barcelona.

Menurut saya pribadi, bukan soal serangan yang harus dikhawatirkan, tapi justru soal pertahanan Barca. Saat melawan Sevilla, dua kali tim tamu punya peluang sangat-sangat bagus untuk mencetak gol. Jika saja eksekutornya adalah pemain-pemain macam Higuain atau Ronaldo, hasilnya akan berbeda. Dalam situasi tertekan sudah kemasukan dan tak bisa mencetak gol, pasukan Catalan akan mudah hilang kesabaran. Inilah sebenarnya yang lebih saya takutkan; pertahanan.

Baiklah, lawan kali ini adalah Grana yang notabene belum terlihat memiliki taji untuk tampil agresif. Dari delapan pertandingan, Grana baru mengoleksi dua gol. Masing-masing gol dicetak oleh Ikechukwu Uche dan Fran Rico. Soal serangan, Granada tampaknya harus banyak berlatih lebih keras.

Tim promosi ini masih tenggelam di dasar klasemen sementara La Liga dengan point lima, hasil dari sekali menang, dua kali seri dan lima kali kalah. Well, Barca harus memetik point penuh kali ini. (culesbarca.com)

Prediksi pemain
3-4-3
Valdes
Alves, Macherano, Abidal
Fabregas, Busquets, Xavi, Adriano
Villa, Messi, Iniesta


Fabri Gonzalez, Pelatih Granada

Kami akan terus bekerja untuk membuat sesuatu dengan cara terbaik. Kegagalan bukanlah akhir dari sebuah kehidupan di dunia bagi saya. Kami masih memiliki keyakinan total bisa mengubah situasi dengan cara terbaik.

Saya tidak peduli apa pun kurangnya penilaian Anda terhadap tim bila dibandingkan dengan Barcelona. Kami tidak bisa membuat dunia di man akami tidak ada dan tidak mampu melakukan itu. Ada banyak pemain yang datang dan pergi di tim ini.

Pada kenyataan kami akan mengeluarkan semua yang kami miliki untuk pertandingan esok hari. Semua pihak yang ada dalam tim memiliki peran sama penting, saya telah berdiskusi panjang dengan mereka untuk melawan Barca. (ideal.es/tribunnews)


Pep Guardiola, Pelatih Barcelona
Kami sangat membutuhkan kemenagan untuk kembali ke puncak klasemen. Kami harus kembali ke bentuk permainan terbaik dengan selalu menaruh respek terhadap siapapun lawan yang akan kami hadapi.

Tim sebenarnya tampil sangat bagus saat lawan Sevilla, tapi kami masih wajib meningkatkan penampilan tim untuk mendapat kemenangan. Tiga poin bagi kami sat ini sangat berarti.

Dalam sesi latihan, kami memasukkan beberapa pemain muda ke dalam skuad. Saya cukup senang karena kembali melihat beberapa pemain yang sebelumnya absen karena cedera. Mungkin mereka masih butuh waktu untuk tampil. (espnstar.com/tribunnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar