Senin, 31 Oktober 2011

Messi dan Angka 13 di Musim Ini

Leo Messi saat Lawan Mallorca
CULES BARCA - Kebanyakan orang tak akan berpikir dua kali untuk memuji Messi setinggi langit. Tidak ada sesuatu yang hilang dari kita ketika kita memuji orang yang berprestasi sekaligus sangat low profile, apalagi orang tersebut lebih suka menjawab kritikan dengan tindakan nyata.

Hingga saat ini, Messi telah mengoleksi 13 gol dari 10 pertandingan bersama Barca. Hat-trick terakhirnya melawan Mallorca adalah juga hat-trick yang ke-13 nya dari seluruh penampilannya bersama Barca.

Tiga partai tanpa mencetak satu gol pun adalah haram hukumnya bagi pemain bintang sekelas Lionel Messi. Ia pun jadi bahan kritikan setelah tampil tumpul ketika Barca menyikat Granada 0-1 (25/10), imbang lawan Sevilla (0-0), dan menang 2-0 atas V Pizen di ajang Champions (15/10). “La Punta” alias “Si Kutu”, julukan Messi, sudah kehilangan sengatan, demikian disimpulkan sejumlah media di Spanyol beberapa waktu lalu. Dikritik demikian, Messi pun murka.

Dan Real Mallorca jadi korban amuknya dalam lanjutan La Liga di Camp Nou (30/10). Tiga gol disumbang striker Argentina ini untuk melengkapi festival gol La Braugana 5-0. Dua gol lain disumbang pemain debutan, Isaac Cuenca menit 50, dan Dani Alves menit 90. Dahsyatnya lagi, hattrick itu dikemas Messi hanya dalam hitungan 17 menit. Masing-masing menit 13, menit 21, dan menit 30. Itulah hattrick ke-13 sepanjang kariernya di Barcelona, yang menambah jumlah total golnya menjadi 199 gol.

Gol pertama terjadi lewat titik penalti setelah Victor Casadesus menyentuh bola di kotak terlarang. Menjadi eksekutor, dengan tenang Messi memerdayai kiper Dudu Aouate.

Tujuh menit berselang, pemain berkostum 10 ini kembali mengoyak jala lawan. Dari sisi kanan, Isaac Cuenca mengirim umpan silang dan diterima Adriano sebelum mengoper bola kepada Messi untuk diteruskan menjadi gol. Sembilan menit kemudian, Messi melengkapi trigol-nya. Menerima umpan panjang dari Dani Alves, Messi yang berada di tengah kotak dengan mudah menceploskan bola ke gawang Mallorca.

Tapi festival gol belum berhenti. Di awal babak kedua, menit 50, Cuenca mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan terobosan Adriano. Di pengujung waktu, Dani Alves mencetak gol pamungkas Barcelona dengan tendangan dari luar kotak setelah menerima operan Messi yang diawali situasi set-piece.

Kemenangan ini sempat mendongkrak Barca naik ke puncak dengan 24 poin hasil 10 kali bertanding. Sedang Mallorca turun ke peringkat 15 dengan mengemas sembilan poin. Satu jam kemudian, Real Madrid menggeser posisi pemuncak klasemen sementara berkat kemenangan 1 0 atas Real Socieadad. Namun posisi Los Merengues bisa digeser Levante yang baru memainkan laganya dini hari tadi.

Usai pertandingan, dengan nada puas Messi menyerang balik para pengkritiknya selama ini. “Sedikit gila bagiku untuk bilang bahwa aku berada dalam krisis setelah tiga pertandingan tanpa mencetak sebuah gol,” ucap dua kali pemain terbaik dunia ini dikutip dari situs Barcelona. “Saya pribadi tak terlalu merasakan tekanan. Yang penting bagiku adalah, Barcelona terus memenangi pertandingan. Kemenangan tim, bagiku, jauh lebih penting ketimbang koleksi golku,” ujarnya lagi.

Rekannya di Barca, Cesc Fabregas turut balik menyerang para pengkritik Messi. “Semua argumen yang menyebut Messi telah tumpul adalah keliru,” kata Fabregas dikutip dari Soccernet. “Ia seusia denganku (24 tahun, Red). Jika kalian melihat grafik prestasinya, hanya orang bodoh yang menyebut ia tumpul. Ia telah memenangi hampir semua gelar juara, kecuali Piala Dunia. Ia melanjutkan, “Messi hampir selalu mencetak gol di setiap pertandingan. Ia hampir terus bermain. Ia pemain hebat, mental, dan fisik. Saya tak pernah bertandem dengan pemain sehebat dia,” kata Fabregas memuji rekan mainnya sejak dari akademi Barcelona tersebut.

Dengan tambahan tiga gol ini, Messi untuk sementara memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di La Liga dengan 13 gol melewati dua rivalnya Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain dengan masing-masing mengoleksi 10 gol. (tribunnews/culesbarca.com)


Rekor Lionel Messi
13 hattrick selama di Barcelona
13 gol dari 10 partai La Liga musim
19 gol dari 17 partai di semua kompetisi musim ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar