Kamis, 10 November 2011

Lippi: Barcelona Adalah Tim Terbaik Sepanjang Sejarah Sepakbola

Marcello Lippi
CULES BARCA - Mantan pelatih Italy dan Juventus Marcello Lippi meyakini bahwa Barcelona adalah tim terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

"Bagi saya, Barcelona adalah tim terhebat sepanjang masa," kata kakek berusia 63 tahun itu seperti dilansir AS.com.

"Dalam sejarah sepakbola kita bisa menemukan tim-tim hebat macam Ajax, AC Milan dan Manchester United yang punya masa kejayaan, tetapi Barcelona telah memenangkan segalanya, dan pemain-pemain mereka telah mengantarkan Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010," kata Lippi.

Sementara itu, mantan pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti, mengatakan Barcelona bisa sukses seperti sekarang, salah satunya karena menggunakan jasa pemain hasil didikan akademi sendiri.

"Kekuatan mereka adalah filosofi klub. Mereka punya banyak pemain dari akademi sendiri. Ketika mengenakan seragam Barcelona, para pemain itu merasakan sesuatu yang berbeda karena mereka lahir di akademi itu," ujar Ancelotti.

"Itulah kenapa mereka menjadi sangat kuat. Selain itu, filosofi dan gagasan mereka tentang sepak bola adalah yang terbaik saat ini," tambahnya.

Pelatih Josep "Pep" Guardiola dinilai banyak orang sebagai salah satu kunci sukses Barcelona. Pasalnya, sejak ditangani olehnya, Barcelona meraih 12 trofi. Namun, menurut Pep sendiri, ia hanya meneruskan pekerjaan yang sudah dilakukan banyak orang di La Masia, jauh sebelum dirinya.

"Pemain seperti Xavi dan Iniesta tidak sebagus itu ketika masih merupakan pemain muda dan berkembang. Pada usia 18 dan 19 tahun, mereka lebih banyak kalah ketimbang menang. Sekarang lihat, sebuah tim yang indah. Kerja keras begitu banyak orang telah terbayar. Buah kerja kami ada di hadapan Anda," ujar Pep seperti dilansir Football Italia dan dialihbahasakan oleh kompas.com. (culesbarca.com)

2 komentar:

  1. wahhhh... kayaknya emang harus di acungin jempol neeh pelatih

    BalasHapus
  2. pelatih itali ini selalu prediksi nya akurat

    BalasHapus