Sabtu, 05 November 2011

Víctor Valdés: Semuanya karena Guardiola

Viktor Valdes.

CULES BARCA - Víctor Valdés hari ini berbicara di konferensi pers dengan ketenangan yang sama saat dia membuat penyelamatan-penyelamatan gemilang untuk Barcelona. Minggu ini dia mematahkan rekor Miguel Reina dengan bermain dalam banyak laga tanpa satu kali pun kebobolan. Tapi Valdes bukanlah tipe orang yang berambisi untuk gelar pribadi. Dia justru memuji orang lain atas apa yang telah dia raih bersama Barcelona. Satu orang itu adalah Pep Guardiola.

Valdés mempunyai pendapat tersendiri mengenai Guardiola terkait biografi dari Ibrahimovic yang banyak mengkritik Guardiola. "Barca mengajarkan saya untuk selalu menghormati pelatih dan pelatih adalah sosok orang yang harus dipatuhi. Aku akan selalu menjadi muridnya selama dia berada di sini. Guardiola menempatkanku di jalan kemenangan dan aku berharap dapat bersama Guardiola hingga aku pensiun," tutur Valdes.

Valdés mengatakan, sebelum Guardiola menangani Blaugrana, dirinya bukanlah seorang kiper yang paham soal taktik. "Aku telah berkembang soal taktik, dan dengan gerakan kakiku aku ingin selalu menang tiap hari. Aku selalu belajar hal baru dalam latihan dan hanya Guardiola-lah yang membuat segala sesuatu itu untukku," katanya.

Kiper didikan La Masia itu sangat berharap Guardiola menghabiskan sisa hidupnya di Barcelona. "Dia seharusnya bertahan di sini hingga akhir karirnya. Dia telah menunjukkan bahwa dirinyalah rahasia di balik kesuksesan Barcelona," terangnya seperti dimuat di situs resmi klub.

Pemain yang masuk dalam daftar empat kapten Barcelona itu juga membantah bahwa Messi dan Villa tidak sedang on fire. "Itu sangat salah. Kamu harus melihat apa yang telah mereka lakukan di dalam dan di luar lapangan. Sebagian orang selalu membicarakan hal ini mencoba untuk merusuhi kami ketika segala sesuatu berjalan dengan baik. Kami adalah orang pertama yang akan segera kuat lagi ketika kami mengetahui segala sesuatu berjalan dengan salah," bebernya.

Valdés kemudian berbicara soal laga tandang di San Mamés. "Sangat penting untuk memenangkan pertandingan itu. Kami tahu Athletic hebat di bawah kepemimpinan Bielsa. Mereka menciptakan tekanan. Mereka bermain tanpa hambatan," pujinya.

Catatan Cules
Viktor Valdes bagi saya adalah sosok yang tenang dan sangat loyal pada tim. Seperti pemain didikan La Masia pada umumnya, Valdes adalah sosok yang rendah hati dan berusaha selalu memberikan yang terbaik untuk tim.

Di tim nasional, Valdes menghormati sosok Casillas sebagai kapten tim kendati dia sebenarnya punya banyak alasan untuk perang dingin dengan kapten timnas Madrid itu. Valdes menyadari sulit baginya untuk menjadi kiper nomor satu di timnas. Selain karena lebih senior, Casillas adalah kapten tim yang merepresentasikan Castillia. Mengingat perbedaan ideologi-politik Castillia dan Catalan, Casillas akan terus dipasang sebagai kapten tim Spanyol.

Berbicara soal skill sebagai kiper, Valdes sebenarnya tidak kalah dari Casillas. Bahkan di musim lalu, angka penyelamatannya lebih baik dari Casillas.

Untuk Barca, Valdes adalah sosok yang punya andil besar dan tak tergantikan. Bahkan, salah satu Direktur FC Barcelona Josep Maria Bartomeu secara ekstrim pernah mengatakan tak ada pemain cadangan di Barcelona kecuali Pinto (kiper kedua Barca).

Tonggak-tonggak sejarah penting Valdes bersama Barca di antaranya 5 penyelamatan di Final LC 2006, 3 penyelamatan di Final LC 2009, dan 2 penyelamatan di Final LC 2011. Ketiga final itu membawa Barca sebagai juara.

Jika kamu melihat kompilasi video penyelamatan oleh Valdes, kamu mungkin akan terkejut betapa besar jasa Valdes selama ini untuk Blaugrana. (culesbarca.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar