Kamis, 18 Agustus 2011

Peran Penting Alves di El Clasico Leg Kedua








FC BARCELONA INDONESIA - Messi memang seorang pahlawan, megabintang, super, superb, splendid, dan apapun yang bisa dikatakan tentangnya terkait perannya dalam dua duel el clasico melawan Madrid. 3 gol dan 1 assist mengantarkan Barcelona meraih trofi Piala Super Spanyol.

Pun demikian, sepakbola adalah permainan kolektif, bukan semacam olah raga golf ataupun tepok bulu yang mengutamakan pada kinerja individual untuk hasil akhir.

Kali ini saya akan berbicara mengenai Dani Alves. Tak usah banyak bacot berikut ini data tentang Dani Alves di leg kedua El Clasico.

1. Memblok dan membuang bola dari Ronaldo (1 kali)
2. Menghentikan pergerakan Ronado (tanpa pelanggaran) (3 kali)
                                                              -(dengan pelanggaran) (1 kali) 
3. Menyetop aliran bola ke Ronaldo (4 kali)
4. Tackling bersih bola dari Ronaldo, mengambil alih bola (1 kali)
5. Memblok bola ke arah gawang (2 kali)
6. Membuat Ronaldo salah umpan (1 kali)
7. Memblok dan mengambil alih bola dari Khedira (1 kali)
8. Mementahkan pergerakan Mezut Ozil dengan bola, mengambil alih bola. (1 kali)


Berikut VIDEO khusus pergerakan Dani Alves



Saya hitung sendiri, setidaknya ada dua blok gemilang dari Dani Alves di dalam kotak penalti. Pergerakan Dani Alves secara umum membuat Ronaldo agak tidak percaya diri menggiring bola. Jika saja sektor ini lengah, atau misalnya Ronaldo bergerak di sisi kanan pertahanan Barcelona - yang dikawal Adriano -, mungkin saja sektor ini akan menjadi kuburan bagi Barca. Beruntung, Madrid selalu menyerang dari sisi kanan pertahanan Barcelona. Terbukti, dua gol Madrid semuanya berasal dari sisi kanan Victor Valdes. Ya kendatipun "kecolongan" dua gol - itupun tak dapat dikambinghitamkan ke Alves -, defense Dani Alves tangguh dan mujarab untuk melunakkan Ronaldo. Thanks Alves. Thanks Messi. Visca Barca, Visca Catalunya. (cules indonesia)

Messi Luar Biasa (2 gol, 1 Assist), Barca Juara Piala Super Spanyol






FC BARCELONA INDONESIA - PUAS PUAS PUAS! Beginilah rasanya mengetahui Barcelona menang atas Real Madrid pada leg kedua Piala Super Spanyol di Camp Nou tadi pagi. Madrid yang juga bermain baik, mau tak mau, harus tersungkur untuk kesekian kalinya di hadapan puluhan ribu Barcelonitas.

Kata "tersungkur" sengaja saya pakai karena itu bukan kiasan. Coba lihat tayangan ulang gol pertama Messi. Ronaldo yang mencoba mengejar Messi, tersungkur bahkan sebelum bisa menyentuh satu bagian tubuh pun dari tubuh Messi. Tak kuasa mengejar Messi, Ronaldo bertekut lutut dan meluncur seolah pasrah gol pasti akan terjadi. What an epic moment!!! (lihat dalam tayangan ulang). VIDEO lihat di sini.



Ok, pertandingan tadi memang berlangsung dengan panas. Menurut saya, Madrid dan Barca bermain sama baiknya, sama-sama menciptakan peluang. Kalau ada yang membuat beda ya cuma satu orang, siapa lagi kalau bukan MEssi. Bocah ajaib itu lagi-lagi menjadi pembeda pada laga kali ini. 2 gol dan 1 assist rasanya semakin menegaskan dirinya tak bisa ditandingi oleh pemain bola manapun di seluruh muka bumi. Kecepatannya, visi, dan pergerakannya lagi-lagi membuat Casillas geleng-geleng kepala dan marah-marah pada Sergio Ramos. Perlu Anda ketahui, gol pertama Iniesta mutlak akibat kesalahan Ramos yang tak bisa menjaga garis perangkap off side dengan baik, serba tanggung dan untuk menunjukkan penyesalannya, dia pun memungut bola dari dalam gawang. Sementara, Casillas teriak marah-marah.