Kamis, 26 Januari 2012

Barcelona Buka Akademi di Indonesia, Biaya 10 Juta per Bulan

 CULES BARCA - Kabar gembira bagi penggemar Barcelona (cules) di Indonesia. Mulai September 2012, Barcelona akan membuka Akademi Barcelona di Indonesia. Mereka mencari 250 remaja Indonesia usia 5-11 tahun.

Mau? Silahkan mempersiapkan diri dan menunggu pengumuman lebih lanjut. Mereka melihat bakat-bakat hebat di antara anak-anak Indonesia. Tiap tahun akan dipilih dan dididik 250 anak usia 5-11 tahun. Sistem pendidikan sepakbola di Indonesia sama dengan akademi di Barcelona.

Akademi ini tepatnya akan berada di Sentul, Bogor. “Pastinya, ini akan menjadi kebanggaan karena Indonesia adalah satu-satunya negara di luar Spanyol yang mempunyai cabang FC Barcelona," kata Dario Gambit dari Threesixty Sport, satu dari inisiator "FCB Escola" dalam konferensi pers di Hotel Indonesia Kempinski kemarin.

Akademi akan menampung 250 siswa setiap tahunnya dan akan dibagi berdasarkan dua grup, umur 5 – 11  dan umur 12 – 18.

Para murid di akademia FC Barcelona ini juga akan menerima pelajaran sama seperti pelajaran yang ada di sekolah-sekolah pada umumnya. "Kami akan mengkombinasikan dengan standar pendidikan internasional," kata Franky Nelwan, inisiator lainnya.

Para murid nantinya akan menjalani bebeapa program, di antaranya summer camp, dua minggu training di Barcelona; menonton El Clasico di Camp Nou; dan pertandingan uji coba dengan tim nasional.

FCB Escola didirikan berawal dari inisiatif Threesixty Sport, Excellion Analytics dan FC Barcelona. Tim dari Barcelona akan menangani langsung program ini. “Kami akan menambahkan budaya Indonesia, mulai dari sistem pendidikan sampai pola pelatihan," kata Xevi Merce, FC Barcelona project director.

Bagi para calon siswa yang berminat harus bersiap merogoh kocek yang cukup besar tiap bulannya. Pasalnya, akademi klub tempat pemain bola terbaik di dunia Lionel Messi itu rencananya akan mematok harga sekitar Rp 10 juta setiap bulannya.

"Tetapi jumlah itu (Rp 10 Juta) saat ini masih perkiraan saja, jadi mungkin masih bisa kurang ataupun bisa juga lebih," ujar Direktur Marketing FCB Escola Indonesia Arief Putra Wicaksono, usai mengikuti Jumpa Pers di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Meski demikian, Arief menuturkan, FCB Escola Indonesia akan memberikan beasiswa kepada sejumlah anak yang tidak mampu yang memiliki talenta diatas rata-rata. Jumlah beasiswa yang akan diberikan sekitar 12 hingga 20 anak-anak tiap tahunnya.

"Jadi tiap tahunnya kita akan berikan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu itu. Dan mereka tentunya pasti akan mendapat fasilitas yang sama, atau jika berkembang dengan baik bahkan akan kita salurkan bakatnya ke akademi Barcelona di Spanyol," kata Arief. (culesbarca.com/kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar