Minggu, 11 Maret 2012

Cristian Tello: Kata Bos, Kecepatanku Sangat Penting!

Christian Tello
CULES BARCA - Cristian Tello hanyalah pemain pengganti, namun statusnya sebagai pemain supersub bisa dikatakan sempurna. Pemain yang diangkat dari Barcelona B ini telah mencetak enam gol dalam 366 menit sejak bergabung ke tim pertama Barca baik di ajang La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Aksi terakhirnya sangat mencolok ketika ia turut menyumbang dua gol saat Barca membantai Bayern Leverkusen 7-1 di Liga Champions. Seandainya saja tendangan terakhirnya kala melawan Bayern tak ditepis Leno, Tello bakal menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick di laga debut pertama Liga Champions.

Kecepatan dan kemampuannya men-dribling bola sangat mengagumkan. Atas dasar itu sudah saatnya Tello memantapkan diri menempati skuad utama Blaugrana saat Barca melakoni laga tandang lanjutan La Liga melawan Racing Santander di Stadion Campos de Sport de El Sardinero, Senin (12/3) dini hari.

Tello pun mengaku sudah memahami dan mulai matching dengan instruksi Pelatih Pep Guardiola sebagai arsitek pola permainan Barcelona. "Bos berkata kepadaku agar selalu meminta bola dan memanfaatkan peluang untuk cetak gol. Dia memintaku untuk jadi diriku sendiri dan kecepatanku sangat penting,” kata Tello dilansir guardian, Sabtu (10/3).

Kehadiran Tello dalam skuad Tim Catalan saat ini memang sangat dibutuhkan. Pemain yang bisa beroperasi dari sisi sayap ini setidaknya bisa menutupi kekurangan Barcelona yang ditinggal Alexis Sanchez, David Villa, dan Ibrahim Affelay akibat cedera. Meski masih berusia belia, Tello telah terbukti menunjukkan kualitas permainannya.

Pemain yang sempat dititipkan di klub rival sekota Bercelona, Espanyol, ini bahkan diprediksi memiliki masa depan dan sempat disebut sebagai The Next Messi. Tello menjalani debut bersama tim Catalan pada 9 November melawan CE L’Hospitalet di Copa del Rey. Debutnya di La Liga dilakukan saat melawan Villarreal pada akhir Januari lalu. Selanjutnya Tello mencetak gol ke gawang Real Sociedad sekaligus memberi kemenangan 2-1. Kini dengan posisi Barcelona yang sedang tertinggal 10 poin dari Real Madrid, Tello bisa jadi salah satu andalan pasukan Guardiola untuk menghadapi Santander.

Kemenangan di partai ini jadi harga mati buat Barca untuk mengejar asa jadi juara La Liga. Tello setidaknya bisa jadi alternatif bila Pedro tak mampu tampil maksimal. Bersama sang superstar Lionel Messi - yang memborong lima gol ke gawang Leverkusen - dan Cesc Fabregas, Tello siap memborbandir pertahanan Santander.

Masalah terbesar Barca adalah absennya dua benteng tangguh, Carles Puyol dan Gerarrd Pique. Puyol bermaslah dengan cedera sedang Pique terkena sanksi kartu merah. Bek kiri yang juga bisa bermain di tengah, Eric Abidal, juga belum pulih.

Alhasil dua gelandang jangkar, Javier Mascherano dan Sergio Busquets, dipaksa ditarik ke belakang sebagai centre bek. Alternatif lain adalah duet Mascherano dengan defender muda Marc Bartra. Meski krisis pemain belakang, Barca seharusnya bisa mengalahkan Santander. The Sardinian sedang berada dalam kondisi amburadul dengan keberadaan mereka di zona degradasi urutan 18 klasemen. Mereka juga harus kehilangan kiper utama, Tono, akibat sanksi kartu merah.Secara psikologis, tuan rumah juga sedang terganggu setelah dua kali melakukan pemecatan pelatih. Mereka kini ditangani Alvaro Cervera setelah manajemen klub mendepak Hector Cuper dan Juan Jose Gonzalez.(tribunnews.com/culesbarca.com)

2 komentar: